Tinjauan Sarana dan Prasarana Pembelajaran Penjas Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Sorong

  • Leo Pratama Jurusan Pendidikan Jasmani Universitas Pendidikan Muhammadiya Sorong
Keywords: Tinjauan, Sarana dan Prasarana, Pembelajaran Pendidikan Jasmani.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kesesuaian sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Sorong yang berjumlah 21 sekolah, sedangkan sample dalam penelitian ini sebanyak 10 sekolah. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil observasi. Hasil penelitian kesesuaian sarana dan prasarana pendidikan jasmani di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Sorong menunjukkan tingkat kesesuaian tiap sekolah yaitu SMA Negeri 1 Kabupaten Sorong sebesar 54,16 %, SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong sebesar 54,16 %, SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong sebesar 37,5 %, SMA Negeri 7 Kabupaten Sorong sebesar 41,66 %, SMA YPK BETHEL Aimas Kabupaten Sorong sebesar 54,16 %, SMA DIASPORA sebesar 29,16 %, SMA Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong sebesar 41,66 %, MA Nurul Yaqin sebesar 62,5 %, MAN IC sebesar 33,3 %, SMA GUPPI Salawati Kabupaten Sorong sebesar 79,16. Dengan demikian kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu tingkat kesesuaian dari keseluruhan sarana dan prasarana di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Sorong sebesar 48,75 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus S. S. (2004). Diktat Mata Kuliah Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Prodi PJKR Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Alif Candra. 2017. Tinjauan Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Di Smp Negeri Se-Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau | Volume 6 | Nomor 1 | April – September 2017 | ISSN: 2303-1514 |
Soepartono. (2000). Sarana dan Prasarana pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Cabang. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sumanto. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Syarifuddin, Aip. 2004. Pengembangan Media Pengajaran Penjaskes. Depdiknas
Permendikbud Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.
Published
2022-08-26