Tinjauan Sarana dan Prasarana Pembelajaran Penjas Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Sorong
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kesesuaian sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Sorong yang berjumlah 21 sekolah, sedangkan sample dalam penelitian ini sebanyak 10 sekolah. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil observasi. Hasil penelitian kesesuaian sarana dan prasarana pendidikan jasmani di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Sorong menunjukkan tingkat kesesuaian tiap sekolah yaitu SMA Negeri 1 Kabupaten Sorong sebesar 54,16 %, SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong sebesar 54,16 %, SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong sebesar 37,5 %, SMA Negeri 7 Kabupaten Sorong sebesar 41,66 %, SMA YPK BETHEL Aimas Kabupaten Sorong sebesar 54,16 %, SMA DIASPORA sebesar 29,16 %, SMA Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong sebesar 41,66 %, MA Nurul Yaqin sebesar 62,5 %, MAN IC sebesar 33,3 %, SMA GUPPI Salawati Kabupaten Sorong sebesar 79,16. Dengan demikian kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu tingkat kesesuaian dari keseluruhan sarana dan prasarana di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Sorong sebesar 48,75 %.
Downloads
References
Alif Candra. 2017. Tinjauan Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Di Smp Negeri Se-Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau | Volume 6 | Nomor 1 | April – September 2017 | ISSN: 2303-1514 |
Soepartono. (2000). Sarana dan Prasarana pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Cabang. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sumanto. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Syarifuddin, Aip. 2004. Pengembangan Media Pengajaran Penjaskes. Depdiknas
Permendikbud Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.
Copyright (c) 2022 Leo Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).