Penggunaan Metode Eksperimen untuk Memahami Macam-Macam Gaya yang Bekerja pada Suatu Benda Bagi Siswa Kelas IV di SD Negeri 25 Moko Waisai Kabupaten Raja Ampat Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 25 Moko Waisai Kabupaten Raja Ampat mengenai gaya yang bekerja pada benda melalui metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemanfaatan metode ekperimen dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa. (2) Pada Aspek mendengarkan penjelasan siklus I sebesar 93% dan siklus II sebesar 100%. Aspek mencatat penjelasan siklus 1 sebesar 68% dan siklus II sebesar 86%. Aspek memperhatikan pembelajaran siklus I sebesar 93% dan siklus II sebesar 100%. Aspek bertanya siklus I sebesar 41% dan pada siklus II sebesar 68%. Aspek menjawab pertanyaan siklus I sebesar 37% dan siklus II sebesar 75%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap partisipasi aktif siswa pada Standar kompetensi memahami macam-macam gaya yang bekerja dalam kehidupan manusia. (3) Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I sebesar 82,03 dan meninglat menjadi sebesar 87,93 pada siklus II.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Firdaus. 2012. Meningkatkan Pemahaman Konsep Gerak Benda dalam Pembelajaran Sains melalui Pendekatan Keterampilan Proses Siswa Kelas III SDN 169 Toribi Kabupaten Sulawesi Selatan. Makasar.
Maria, Leni. 2014. Peggunaan Metode Ekperimen Untuk Meningkatkan Hail Belajar Siswa Kelas IV SDN 43 Tapis Tembawang. Pontianak: Universitas Tanjungpura.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Djamarah, S. B. & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).