Penggunaan Metode Eksperimen untuk Memahami Macam-Macam Gaya yang Bekerja pada Suatu Benda Bagi Siswa Kelas IV di SD Negeri 25 Moko Waisai Kabupaten Raja Ampat Tahun Ajaran 2018/2019

  • Khadijah Khadijah SD Negeri 25 Moko Waisai Raja Ampat
Keywords: Metode ekperimen, gaya pada benda, SD Negeri 25 Moko Waisai Kabupaten Raja Ampat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 25 Moko Waisai Kabupaten Raja Ampat mengenai gaya yang bekerja pada benda melalui metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemanfaatan metode ekperimen dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa. (2) Pada Aspek mendengarkan penjelasan siklus I sebesar 93% dan siklus II sebesar 100%. Aspek mencatat penjelasan siklus 1 sebesar 68% dan siklus II sebesar 86%. Aspek memperhatikan pembelajaran siklus I sebesar 93%  dan siklus II sebesar 100%. Aspek bertanya siklus I sebesar 41% dan pada siklus II sebesar 68%. Aspek menjawab pertanyaan siklus I sebesar 37% dan siklus II sebesar 75%.  Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap partisipasi aktif siswa pada Standar kompetensi memahami macam-macam gaya yang bekerja dalam kehidupan manusia. (3) Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I sebesar 82,03 dan meninglat menjadi sebesar 87,93 pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (1983). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Arikunto, Suharsimi. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Firdaus. 2012. Meningkatkan Pemahaman Konsep Gerak Benda dalam Pembelajaran Sains melalui Pendekatan Keterampilan Proses Siswa Kelas III SDN 169 Toribi Kabupaten Sulawesi Selatan. Makasar.
Maria, Leni. 2014. Peggunaan Metode Ekperimen Untuk Meningkatkan Hail Belajar Siswa Kelas IV SDN 43 Tapis Tembawang. Pontianak: Universitas Tanjungpura.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Djamarah, S. B. & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2019-07-22