Metode Contextual Teaching anda Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Agribisnis Ternak Unggas dengan Kompetensi Dasar Mengoperasikan Peralatan Farm pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Raja Ampat

  • Zulkifli Zulkifli SMK Negeri 1 Raja Ampat
Keywords: : metode kontekstual, prestasi belajar, agribisnis, ternak unggas, SMK Negeri 1 Raja Ampat

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil pencapaian belajar Dasar-Dasar Pemeliharaan Ternak  di Kelas X SMK Negeri 1 Raja Ampat masih rendah nilai rata-rata yang diperoleh siswa   52%.  Persentase ketuntasan siswa hanya 20 % yang tuntas sedangkan yang belum tuntas mencapai 80 %. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Dasar-Dasar Pemeliharaan Ternak dengan materi Mengoperasikan peralatan Farm menggunakan metode Contextual Teaching and  learning  pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Raja Ampat. Subyek Penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X  Jurusan Peternakan  SMK Negeri 1 Raja Ampat yang berjumlah 5 orang siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitif.  Hasil penelitian prasiklus menunjukkan hasil belajar dinyatakan tuntas sebanyak 1 siswa dengan persentase 20,% sedangkan siswa yang belum tuntas 4 siswa  dengan persentase 80 %. Untuk Siklus I dinyatakan tuntas sebanyak 2 siswa dengan persentase 40 % sedangkan siswa yang belum tuntas 3 siswa dengan persentase 3 60 %. Untuk siklus II dinyatakan semua  siswa tuntas dengan persentase 100%.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Contextual Teaching anda Learning  dapat meningkatkan hasil belajar Agribisnis Ternak Unggas dengan kompetensi  pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Raja Ampat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-02