Metode Contextual Teaching anda Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Agribisnis Ternak Unggas dengan Kompetensi Dasar Mengoperasikan Peralatan Farm pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Raja Ampat
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah hasil pencapaian belajar Dasar-Dasar Pemeliharaan Ternak di Kelas X SMK Negeri 1 Raja Ampat masih rendah nilai rata-rata yang diperoleh siswa 52%. Persentase ketuntasan siswa hanya 20 % yang tuntas sedangkan yang belum tuntas mencapai 80 %. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Dasar-Dasar Pemeliharaan Ternak dengan materi Mengoperasikan peralatan Farm menggunakan metode Contextual Teaching and learning pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Raja Ampat. Subyek Penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X Jurusan Peternakan SMK Negeri 1 Raja Ampat yang berjumlah 5 orang siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitif. Hasil penelitian prasiklus menunjukkan hasil belajar dinyatakan tuntas sebanyak 1 siswa dengan persentase 20,% sedangkan siswa yang belum tuntas 4 siswa dengan persentase 80 %. Untuk Siklus I dinyatakan tuntas sebanyak 2 siswa dengan persentase 40 % sedangkan siswa yang belum tuntas 3 siswa dengan persentase 3 60 %. Untuk siklus II dinyatakan semua siswa tuntas dengan persentase 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Contextual Teaching anda Learning dapat meningkatkan hasil belajar Agribisnis Ternak Unggas dengan kompetensi pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Raja Ampat.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).