Pelaksanaan Pembelajaran Muthola’ah Kelas 2 KMI Pondok Modern Nurussalam Sidogede ditinjau dari Penerapan Snowball Throwing
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman santriwati terhadap materi Mutholah serta kurangnya guru dalam pemanfaatan strategi pembelajaran yang menarik. Adapun tujuan dari pembalajaran Muthola’ah adalah untuk meningkatan keterampilan membaca santriwati. Adapun strategi Snowball Throwing sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan guru untuk menjadikan pembelajaran Muthola’ah lebih menarik sehingga dapat meningkatkan kepahaman dan kerampilan membaca santriwati. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui efektifitas pembelajaran Muthola’ah dengan menggunakan strategi Snowball Throwing pada materi Muthola’ah di kelas 2 KMI Pondok Modern Nurussalam. Dimana jumlah sebanyak 22 santriwati. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara tes dan dokumentasi. Adapun hasil tes sebalum diterapkannya strategi Snowball Throwing adalah 3,3 sedangkan untuk hasil setelah diterapkannya strategi tersebut adalah 5,3.
Downloads
Copyright (c) 2023 Fitri Setyo Rini, Ifa Rodifah Nur, Nur Fera Khalifah, Afni Nurwardah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).