Pengaruh Media Animasi pada Pembelajaran Suhu dan Kalor terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 14 Waigama

  • Endah Pebriani Rahman Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Asrul Asrul Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • fathurrahman fathurrahman Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Indri Anugrah Ramadhani Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Hasil Belajar IPA, Media Animasi, Suhu dan Kalor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V di SD Negeri 14 Waigama Misool Utara.  Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian kerja kelompok serta lembar tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Data menunjukkan rata-rata skor observasi guru (peneliti) dan siswa sebesar 100%  dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis ketuntasan belajar pada nilai rata – rata pretest 38,75%,  rata – rata posttest 71%, hasil uji reliabilitas diperoleh Cronbach‟s Alpha untuk instrument test sebesar 0,704 yang berarti memiliki reliabilitas baik. Uji normalitas hasil belajar pretest siswa kelas V memiliki taraf signifikansi 0,259 > 0,05 sedangkan hasil belajar postest siswa kelas V memiliki taraf signifikansi 0,906 > 0,05. Uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 2.204 dengan dk = n – 1 (20-1=19) diperoleh ttabel  sebesar 1.729. Berdasarkan hasil analisi data nilai yaitu thitung > ttabel (2.204 > 1.729), dengan besarnya taraf signifikansi 0,05, yakni (0,040 < 0,05) maka Hipotesis diterima, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media animasi pada pembelajaran suhu dan kalor terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V SD Negeri 14 Waigama Misool Utara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrul, A., Ridlo, S., & Susilo, S. (2018). Creative Thinking Analysis, Motivation and Concept Mastery on Learning of Cooperative Discovery Model in Elementary School. Journal of Primary Education, 7(1), 48-56.
Ayuningdyah, M., & Khotimah, K. (2018) "Pengembangan Media Animasi Pelajaran Matematika Materi Bidang Datar Simetris Untuk Siswa Kelas IV di SDN Jatikalen 3 Nganjuk", Jurnal Teknologi Pendidikan, I. hal. 1–5.
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenuddin, A. (2016) "Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di Min Kroya Cirebon",Al Ibtida, I , hal. 116–137.
Dewi, B. S., Kristiantari, M. G. R., & Negara, O. (2014) "Model Tematik Bernuansa Kearifan Lokal Berbantuan Media Animasi Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD Negeri Gugus Kapten Japa",Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, hal. 1-10.
Elpira, N., & Ghufron, A. (2015)"Pengaruh Penggunaan Media Pewerpoint Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD",Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, I, hal. 94–104.
Karitas, D.,Fransiska. Panas dan Perpindahannya. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
Munirah. (2015) "Sistem Pendidikan di Indonesia: Antara Keinginan dan Realita", Auladuna, II , hal. 233–245.
Musanna, A. (2017), "Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara", Pendidikan Dan Kebudayaan, I. hal. 117–133.
Nurhikmah, B. E., Antara, A. P., & Magta, M. (2017) "Pengaruh Metode Bercakap-Cakap Melalui Media Animasi Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B",e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, II hal. 1-10.
Rahayuningsih, N., Ashadi, & Sarwanto. (2013), "Pembelajaran Biologi Dengan Model CLT (Contextual Teaching and Learning) Menggunakan Media Animasi dan Media Lingkungan Ditinjau Dari Sikap Ilmiah dan Gaya Belajar",Jurnal Inkuiri, II hal. 173–183.
Sembiring, E. B. (2015), "Pengembangan Media Sosialisasi Etika Kampus Dalam Bentuk Animasi 2D", Teknomatika, II, hal. 13–26.
Siregar, Syofyan. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana,.
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,.
Syofyan, H. (2015) "Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Melalui Metode Resitasi di SD Al Azhar Syifa Budi Jakarta Selatan", Jurnal Pendidikan Dasar, I hal. 134–150.
Published
2019-09-18