Pengaruh Media Animasi pada Pembelajaran Suhu dan Kalor terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 14 Waigama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V di SD Negeri 14 Waigama Misool Utara. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian kerja kelompok serta lembar tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Data menunjukkan rata-rata skor observasi guru (peneliti) dan siswa sebesar 100% dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis ketuntasan belajar pada nilai rata – rata pretest 38,75%, rata – rata posttest 71%, hasil uji reliabilitas diperoleh Cronbach‟s Alpha untuk instrument test sebesar 0,704 yang berarti memiliki reliabilitas baik. Uji normalitas hasil belajar pretest siswa kelas V memiliki taraf signifikansi 0,259 > 0,05 sedangkan hasil belajar postest siswa kelas V memiliki taraf signifikansi 0,906 > 0,05. Uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 2.204 dengan dk = n – 1 (20-1=19) diperoleh ttabel sebesar 1.729. Berdasarkan hasil analisi data nilai yaitu thitung > ttabel (2.204 > 1.729), dengan besarnya taraf signifikansi 0,05, yakni (0,040 < 0,05) maka Hipotesis diterima, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media animasi pada pembelajaran suhu dan kalor terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V SD Negeri 14 Waigama Misool Utara.
Downloads
References
Ayuningdyah, M., & Khotimah, K. (2018) "Pengembangan Media Animasi Pelajaran Matematika Materi Bidang Datar Simetris Untuk Siswa Kelas IV di SDN Jatikalen 3 Nganjuk", Jurnal Teknologi Pendidikan, I. hal. 1–5.
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenuddin, A. (2016) "Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di Min Kroya Cirebon",Al Ibtida, I , hal. 116–137.
Dewi, B. S., Kristiantari, M. G. R., & Negara, O. (2014) "Model Tematik Bernuansa Kearifan Lokal Berbantuan Media Animasi Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD Negeri Gugus Kapten Japa",Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, hal. 1-10.
Elpira, N., & Ghufron, A. (2015)"Pengaruh Penggunaan Media Pewerpoint Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD",Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, I, hal. 94–104.
Karitas, D.,Fransiska. Panas dan Perpindahannya. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
Munirah. (2015) "Sistem Pendidikan di Indonesia: Antara Keinginan dan Realita", Auladuna, II , hal. 233–245.
Musanna, A. (2017), "Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara", Pendidikan Dan Kebudayaan, I. hal. 117–133.
Nurhikmah, B. E., Antara, A. P., & Magta, M. (2017) "Pengaruh Metode Bercakap-Cakap Melalui Media Animasi Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B",e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, II hal. 1-10.
Rahayuningsih, N., Ashadi, & Sarwanto. (2013), "Pembelajaran Biologi Dengan Model CLT (Contextual Teaching and Learning) Menggunakan Media Animasi dan Media Lingkungan Ditinjau Dari Sikap Ilmiah dan Gaya Belajar",Jurnal Inkuiri, II hal. 173–183.
Sembiring, E. B. (2015), "Pengembangan Media Sosialisasi Etika Kampus Dalam Bentuk Animasi 2D", Teknomatika, II, hal. 13–26.
Siregar, Syofyan. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana,.
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,.
Syofyan, H. (2015) "Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Melalui Metode Resitasi di SD Al Azhar Syifa Budi Jakarta Selatan", Jurnal Pendidikan Dasar, I hal. 134–150.
Copyright (c) 2019 Endah Pebriani Rahman, Asrul Asrul, fathurrahman fathurrahman, Indri Anugrah Ramadhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).