Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok melalui Pendekatan Kontekstual bagi Siswa Kelas V di SD Inpres 33 Kabupaten Sorong
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Volume kubus dan balok bagi Siswa Kelas V di SD Inpres 33 Kabupaten Sorong melalui Pendekatan Kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action and Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas V pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan siswa sebanyak 30 orang. Pada pelaksanaannya yang terdiri dari 2 siklus, yaitu Siklus I dilaksanakan selama empat kali pertemuan dan Siklus II dilaksanakan selama empat kali pertemuan. Pengambilan data menggunakan Tes Akhir Siklus dan Observasi. Hasil belajar matematika siswa kelas V pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual selama dua siklus dengan hasil sebagai berikut (1) Hasil belajar matematika siswa sebelum pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berada dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata 50,66 dari nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 20. (2) Hasil belajar matematika siswa setelah pembelajaran Siklus I dengan pendekatan kontekstual dengan nilai rata-rata 58,66 dari nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 40. (3). Hasil belajar matematika siswa setelah pembelajaran dengan pendekatan kontekstual Siklus II berada dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 68,67 dari nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 50.
Downloads
References
…………. , 2006. Permendiknas RI nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Kurikulun Tingkat Satuan Pendidikan . Jakarta.
Muhkal, Mappaita, 2007. Strategi Belajar Mengajar Matematika “Catatan Kuliah“, FMIPA, UNM Makassar.
Nana Sudjana. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Riduwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi, cetakan 7). Jakarta: Bumi Aksara
………………….., . (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Susilo. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publlisher.
Tim, 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka. Jakarta.
Wina Sanjaya, 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidik. Kencana, Jakarta.
Copyright (c) 2019 Saniyah Saniyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).