Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan keterampilan membaca permulaan melalui penggunaan media flash card pada siswa kelas I SD Inpres Paccerakkang Kota Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Inpres Paccerakkang sebanyak 29 siswa. Objek penelitian adalah peningkatan keterampilan membaca permulaan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes unjuk kerja keterampilan membaca permulaan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi rating scale dan soal tes unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca permulaan melalui penggunaan media flash card pada siswa kelas I SD Inpres Paccerakkang mengalami peningkatan dengan baik. Hal ini terbukti dari pencapaian rerata pada pratindakan persentasenya sebesar 41,38%, pada siklus I meningkat menjadi 58,62% dan pada siklus II menjadi 82,76%. Hasil observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 59,38% meningkat menjadi 84,37% pada siklus II. Peningkatan keterampilan membaca permulaan dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor aspek ketepatan, lafal, intonasi, kelancaran dan kejelasan suara. Langkah-langkah penelitian dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan menggunakan media flash card.
Downloads
References
Chapman, J. W., Tunmer, W. E., & Prochnow, J. E. (2010). Early reading-related skills and performance, reading self-concept, and the development of academic self-concept: a longitudinal study. Journal of Educational Psychology. 92 (4), 703 – 708.
Dorman, G. (2005). How To Teach Your Baby to Read. Jakarta: PT. Tigaraksa.
Evans, L J. 2015. Teaching Reading by Machine: A Case History in Early Reading Behavior
Ghabanchi, Z., & Rastegar, R. (2014). The Correlation of IQ and Emotional Intelegence with Reading. Reading Matrix: An International Online Jurnal, 135-144.
Indrayani, A. O. (2016). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Flash Card Siswa Kelas I SDN Surokarsan 2 Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta.
Janawati, D. P., Sudiana, I. N., & Dantes, N. (2013). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kartu Kata dalam Permainan Domino Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Menulis. e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3 (-)
Levy, B. A., Gong, Z., Hessels, S., Evans, M.A., & Jared, D. (2005). Understanding print : Early Reading development and the contribution of home literacy experiences. Experimental Child Psychology, 63-93.
Nurseto, Tejo. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 8 (1), 19-35, from doi: https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Pamungkassari, W. D. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 7 Tahun ke-7. 669-677.
Ruhaenah, L. (2008). Pengaruh Metode Pembelajaran Jolly Phonics Terhadap Kemampuan Baca-Tulis Permulaan Bahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris Pada Anak Prasekolah. Jurnal Penelitian Humaniora. 9 (2), 192-206.
Sadiman, A. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Slavin, R. (2008). Psikologi Pendidikan (8th ed). Jakarta: PT. Indeks.
Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Surkatiningsih, Wahyu. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Media Kata Bergambar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar. 5 (1).
Susilana, R & Riyana, C. (2012). Media Pembelajaran. Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Copyright (c) 2019 Rahmah Kumullah, Ahmad Yulianto, Ida Ida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).