Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi dengan Menggunakan Model Examples Non Examples pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 9 Kota Sorong Tahun pelajaran 2016/2017
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action and Research) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples pada siswa kelas VII A SMP Negeri 9 Kota Sorong tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A yang terdiri atas 32 siswa yang terdiri atas 10 laki-laki dan 22 perempuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1). Kemampuan siswa kelas VII A SMP Negeri 9 Kota Sorong dalam menulis surat pribadi dapat ditingkatkan. Hal ini terbukti pada hasil tes setelah tindakan. Pada tahap pratindakan nilai rata-rata siswa hanya 48,75 % atau kategori kurang, kemudian pada tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 82,75 % atau kategori baik, artinya mengalami peningkatkan sebesar 81,22 % Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat lebih baik lagi daripada siklus I, yaitu menjadi 97,69 %, Dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 95,10 % bila dibandingkan dengan hasil sebelumnya. Hasil penelitian non tes melalui pengamatan, wawancara, dan jurnal siswa juga menunjukkan perubahan yang positif, siswa lebih tertarik dan antusias dalam pembelajaran menulis dengan menggunakan metode examples non examples.
Downloads
References
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Http: karya-ilmiah.um.ac.id/indeks.php/KSDP/article/view/6063.
Http:// KlikBelajar.com/gurupkn.wordpress.com/10/11/2007/.
Http:// model-examples-non-examples/gurupkn.wordpress.com/10/11/2007/.
Lado, Robert.1964. Language Teaching. Amerika: MC Grow Hill.
Liang Gie, The. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.
Sapari, Nia Kurniati. 2008. Kompetensi Bebahasa Indonesia SMP dan MTs kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik.Terjemahan Nurulita Yusron. Bandung: Nusa Media.
Sundusilah, Suci. 2005. Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat (Korespondensi )siswa Kelas IV SDN Cimareme II Kabupaten Bandung dengan Pendekatan Multiple Intelegences Howard Gardner. Skripsi.
Syamsudin, S.2005. Dasar-Dasar Teori Sastra.Semarang: Rumah Indonesia.
Tarigan, Djago. 1990. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia: Modul 1-6. Jakarta: Depdikbud.
Tarigan, Djago. Dan H.G. Tarigan. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.
Copyright (c) 2019 Alice Fransisca Soplanit
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).