Penerapan Metode Mnemonik terhadap Kemampuan Menghafal Rumus-rumus Fisika pada Materi Tekanan Zat Kelas VIII SMP IT Ar-Rahman

  • Esa Nur Amaliah Basuni Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Norma Bastian Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Nurwanti Fatnah Universitas Muhammadiyah Cirebon
Keywords: Metode Mnemonik, rumus-rumus fisika, quasi experiment

Abstract

Banyaknya rumus fisika yang harus dikuasai membuat siswa bosan belajar fisika dan materi yang diajarkan. Metode Mnemonik dianggap sebagai metode yang cocok untuk digunakan di sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan menghafal rumus fisika setelah diajar menggunakan metode mnemonik dan praktek. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT AR-RAHMAN Majalengka pada kelas VIII T.P. 2020/2021 yang melibatkan subjek sebanyak 34 siswa terbagi ke dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen belajar dengan pembelajaran mnemonik dan kelas kontrol belajar dengan pembelajaran praktek. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experiment dan desain penelitian two group randomized subject pretest dan posttest. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan menghafal rumus-rumus fisika dan kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu uji N-gain, Uji Wilcoxon, dan uji t dua pihak.Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan kemampuan menghafal rumus fisika pada materi tekanan zat antara siswa yang mendapatkan pembelajaran mnemonik dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran praktek.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-17