Penerapan Metode Mnemonik terhadap Kemampuan Menghafal Rumus-rumus Fisika pada Materi Tekanan Zat Kelas VIII SMP IT Ar-Rahman
Abstract
Banyaknya rumus fisika yang harus dikuasai membuat siswa bosan belajar fisika dan materi yang diajarkan. Metode Mnemonik dianggap sebagai metode yang cocok untuk digunakan di sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan menghafal rumus fisika setelah diajar menggunakan metode mnemonik dan praktek. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT AR-RAHMAN Majalengka pada kelas VIII T.P. 2020/2021 yang melibatkan subjek sebanyak 34 siswa terbagi ke dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen belajar dengan pembelajaran mnemonik dan kelas kontrol belajar dengan pembelajaran praktek. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experiment dan desain penelitian two group randomized subject pretest dan posttest. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan menghafal rumus-rumus fisika dan kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu uji N-gain, Uji Wilcoxon, dan uji t dua pihak.Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan kemampuan menghafal rumus fisika pada materi tekanan zat antara siswa yang mendapatkan pembelajaran mnemonik dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran praktek.
Downloads
Copyright (c) 2023 Nurwanti Fatnah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).