Kilir Lidah Dalam Pidato Persuasif Siswa Kelas IX MTs. Al-Maarif 1 Aimas Kabupaten Sorong
Abstract
Penelitian kilir lidah ini bertujuan untuk mendeskripsikan kekeliruan atau fenomena kilir lidah yang terjadi dalam pembelajaran pidato persuasif siswa kelas IX MTs. Al-Ma’arif 1 Aimas berdasarkan jenis-jenis kilir lidah. Data dalam penelitian ini bersumber dari video-video pidato persuasif siswa kelas IX MTs. Al-Ma’arif 1 Aimas. Jumlah siswa kelas IX MTs. Al-Ma’arif 1 Aimas adalah 96 siswa, namun yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa (IXC) tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan simak-catat. Teknik simak merupakan teknik yang digunakan untuk menyimak penggunaan suatu bahasa (Sunarni dalam Lestari, 2020). Dalam penelitian ini kegiatan menyimak berulang-ulang dilakukan melalui rekaman video pidato persuasif siswa. Melalui analisis yang dilakukan ditemukan bahwa siswa sering mengalami gejala kilir lidah malaproprisme yaitu sebanyak tiga kali. Siswa juga mengalami kekeliruan asembling antisipasi sebanyak dua kali dan kekeliruan asembling perseverasi sebanyak satu kali. Jika dibandingkan dengan jumlah siswa yang berpidato persuasif maka presentase kilir lidah yang terjadi pada siswa hanya berkisar 18, 75%.
Downloads
Copyright (c) 2023 Yeni Witdianti, Nursalim Nursalim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).