Investigasi Kebutuhan Pelajar English as a Foreign Language (EFL) dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis
Abstract
Penelitian ini didasari dengan adanya kebutuhan untuk menginvestigasi kebutuhan mahasiswa dalam pembelajaran kreatif pada mata kuliah keterampilan menulis (writing skill). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan mahasiswa dalam hal pembelajaran kreatif pada mata kuliah keterampilan menulis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan questionnaire (angket). Yang menjadi partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pendidikan dan Vokasi (FADIKSI) Universitas Lancang Kuning (UNILAK) yang sedang dan akan mengambil mata kuliah keterampilan menulis. Jumlah mahasiswa tersebut adalah sebanyak 95 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon mahasiswa bervariasi yakni “sangat setuju, setuju, ragu-ragu, dan tidak setuju” dengan didominasi oleh respon positif yakni setuju dan sangat setuju. Akhirnya, kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya harapan mahasiswa untuk menggunakan teknologi yang tepat guna, media yang menarik, serta pemilihan materi yang mutakhir dan bersesuaian dalam proses pembelajaran kreatif untuk keterampilan menulis.
Downloads
References
Abbas, M. F. F., & Yusuf, S. S. M. D. (2020). The Effect of Edmodo in Triggering Students’ Recognition of Recount Text Elements. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3788.
Agustiana, V. (2016). Combining Product and Process-based Approaches to Teaching Writing Discussion Texts. English Review: Journal of English Education, 4(2).
Ampa, A. T., & Quraisy, H. (2018). Needs Analysis of the English Writing Skill as the Base to Design the Learning Materials. SHS Web of Conferences, 42, 00050. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200050.
Bakri, M., & Yusni, Y. (2021). Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i1.1183.
Fareed, M., Ashraf, A., & Bilal, M. (2016). ESL learners’ writing skills: Problems, factors and suggestions. Journal of Education & Social Sciences, 4(2), 83–94.
Fitriani, A.S., Haryadi, Pristiwati, R. (2021). Media Mobile Learning Bermuatan Kearifan Lokal dalam Menulis Cerita Pendek Kelas IX SMA. Kode: Jurnal Bahasa, 10(2), 87–100.
Herman, H., Ramly, D., Daeng, J., Raya, T., & Selatan, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Youtube terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 58–65.
Ilham, I., Musthafa, B., & Yusuf, F. N. (2020). University Students’ Needs of Writing Course Materials: A Case of Indonesia. English Review: Journal of English Education, 8(2), 195–207. https://doi.org/10.25134/erjee.v8i2.2988.
Muthoharoh., & Prastyaningsih, H. (2020). Melestarikan Budaya Literasi Karya Sastra melalui Literasi Digital di Era Milenial. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 99–104.
Nosratinia, M., & Nikpanjeh, N. (2019). Promoting Foreign Language Learners’ Writing: Comparing the Impact of Oral Conferencing and Collaborative Writing. English Review: Journal of English Education, 7(2), 17–26. https://doi.org/10.25134/erjee.v7i2.1772.
Sitorus, J. P. (2019). Literasi Digital: Kontribusi dan Tantangan dalam Keterampilan Menulis. Alfabeta: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 2(2), 75–85.
Suciartini, N.N.A., & Sumartini, N. L. P. . (2019). Pelatihan Keterampilan Mengkreasikan Blog sebagai Media Menulis dan Media Dokumentasi Budaya Bali. Widyabhakti: Jurnal Ilmiah Populer, 1(2), 72–80.
Sumarsono, D., Bagis, A. K., & Arrafii, M. A. (2017). Students’ Needs to Develop English Writing Materials. Lingua Cultura, 11(2), 67. https://doi.org/10.21512/lc.v11i2.1504.
Syukria, A. U. (2019). Implementasi PjBL dengan Media Instagram pada Keterampilan Menulis Bahasa Arab di SMA Islam P.B Soedirman 1 Bekasi. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V, 389–399.
Tjalla, M., Akil, M., & Hamra, A. (2017). The Analysis of EFL Students’ Needs for Writing Materials Development. International Journal of Science and Research (IJSR), 6(8), 313–317.
Yundayani, A., Emzir, & Rafli, Z. (2017). Need Analysis: the Writing Skill Instructional Material Context for Academic Purposes. English Review: Journal of English Education, 6(1), 59–70. https://doi.org/10.25134/erjee.v6i1.771.
Yundayani, A. (2018). Present Situation Analysis: Students’ Early Characteristics in Writing for Academic Purposes. English Review: Journal of English Education, 6(2), 119–126. https://doi.org/10.25134/erjee.v6i2.1262
Copyright (c) 2023 M. Fadhly Farhy Abbas, Syaifullah Syaifullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).