Investigasi Kebutuhan Pelajar English as a Foreign Language (EFL) dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis

  • M. Fadhly Farhy Abbas Universitas Lancang Kuning
  • Syaifullah Syaifullah Universitas Lancang Kuning
Keywords: Analisis Kebutuhan, Keterampilan Menulis, Deskriptif

Abstract

Penelitian ini didasari dengan adanya kebutuhan untuk menginvestigasi kebutuhan mahasiswa dalam pembelajaran kreatif pada mata kuliah keterampilan menulis (writing skill). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan mahasiswa dalam hal pembelajaran kreatif pada mata kuliah keterampilan menulis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan questionnaire (angket). Yang menjadi partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pendidikan dan Vokasi (FADIKSI) Universitas Lancang Kuning (UNILAK) yang sedang dan akan mengambil mata kuliah keterampilan menulis. Jumlah mahasiswa tersebut adalah sebanyak 95 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon mahasiswa bervariasi yakni “sangat setuju, setuju, ragu-ragu, dan tidak setuju” dengan didominasi oleh respon positif yakni setuju dan sangat setuju. Akhirnya, kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya harapan mahasiswa untuk menggunakan teknologi yang tepat guna, media yang menarik, serta pemilihan materi yang mutakhir dan bersesuaian dalam proses pembelajaran kreatif untuk keterampilan menulis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, M. F. F., & Herdi, H. (2018). Solving te Students’ Problems in Wiriting Argumentative Essay through Collaborative Writing Strategy. English Review: Journal of English Education, 7(1), 105. https://doi.org/10.25134/erjee.v7i1.1499.
Abbas, M. F. F., & Yusuf, S. S. M. D. (2020). The Effect of Edmodo in Triggering Students’ Recognition of Recount Text Elements. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3788.
Agustiana, V. (2016). Combining Product and Process-based Approaches to Teaching Writing Discussion Texts. English Review: Journal of English Education, 4(2).
Ampa, A. T., & Quraisy, H. (2018). Needs Analysis of the English Writing Skill as the Base to Design the Learning Materials. SHS Web of Conferences, 42, 00050. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200050.
Bakri, M., & Yusni, Y. (2021). Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i1.1183.
Fareed, M., Ashraf, A., & Bilal, M. (2016). ESL learners’ writing skills: Problems, factors and suggestions. Journal of Education & Social Sciences, 4(2), 83–94.
Fitriani, A.S., Haryadi, Pristiwati, R. (2021). Media Mobile Learning Bermuatan Kearifan Lokal dalam Menulis Cerita Pendek Kelas IX SMA. Kode: Jurnal Bahasa, 10(2), 87–100.
Herman, H., Ramly, D., Daeng, J., Raya, T., & Selatan, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Youtube terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 58–65.
Ilham, I., Musthafa, B., & Yusuf, F. N. (2020). University Students’ Needs of Writing Course Materials: A Case of Indonesia. English Review: Journal of English Education, 8(2), 195–207. https://doi.org/10.25134/erjee.v8i2.2988.
Muthoharoh., & Prastyaningsih, H. (2020). Melestarikan Budaya Literasi Karya Sastra melalui Literasi Digital di Era Milenial. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 99–104.
Nosratinia, M., & Nikpanjeh, N. (2019). Promoting Foreign Language Learners’ Writing: Comparing the Impact of Oral Conferencing and Collaborative Writing. English Review: Journal of English Education, 7(2), 17–26. https://doi.org/10.25134/erjee.v7i2.1772.
Sitorus, J. P. (2019). Literasi Digital: Kontribusi dan Tantangan dalam Keterampilan Menulis. Alfabeta: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 2(2), 75–85.
Suciartini, N.N.A., & Sumartini, N. L. P. . (2019). Pelatihan Keterampilan Mengkreasikan Blog sebagai Media Menulis dan Media Dokumentasi Budaya Bali. Widyabhakti: Jurnal Ilmiah Populer, 1(2), 72–80.
Sumarsono, D., Bagis, A. K., & Arrafii, M. A. (2017). Students’ Needs to Develop English Writing Materials. Lingua Cultura, 11(2), 67. https://doi.org/10.21512/lc.v11i2.1504.
Syukria, A. U. (2019). Implementasi PjBL dengan Media Instagram pada Keterampilan Menulis Bahasa Arab di SMA Islam P.B Soedirman 1 Bekasi. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V, 389–399.
Tjalla, M., Akil, M., & Hamra, A. (2017). The Analysis of EFL Students’ Needs for Writing Materials Development. International Journal of Science and Research (IJSR), 6(8), 313–317.
Yundayani, A., Emzir, & Rafli, Z. (2017). Need Analysis: the Writing Skill Instructional Material Context for Academic Purposes. English Review: Journal of English Education, 6(1), 59–70. https://doi.org/10.25134/erjee.v6i1.771.
Yundayani, A. (2018). Present Situation Analysis: Students’ Early Characteristics in Writing for Academic Purposes. English Review: Journal of English Education, 6(2), 119–126. https://doi.org/10.25134/erjee.v6i2.1262
Published
2023-01-14