Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam tentang Menerima Qada’ dan Qadar melalui Pendekatan Saintifik bagi Siswa Kelas VI di SD Inpres 33 Kabupaten Sorong

  • Syaida Syaida SD Inpres 33 Kabupaten Sorong
Keywords: hasil belajar, pendekatan saintifik, Qada’ dan Qadar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Sub tema Menerima Qada’ Dan Qadar Melalui Pendekatan Saintifik. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas VI pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan siswa sebanyak 20 orang, terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan Tes Akhir Siklus dan Observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VI pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016 meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan saintifik selama dua siklus dengan hasil sebagai berikut : (1) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa sebelum pembelajaran dengan pendekatan Saintifik berada dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata 62,5 dari nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 50. (2) Hasil belajar Agama siswa setelah  pembelajaran Siklus I dengan pendekatan saintifik dengan nilai rata-rata 72.5 dari nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 60. (3). Hasil belajar Agama siswa setelah pembelajaran dengan pendekatan Saintifik Siklus II berada dalam kategori  sedang  dengan nilai rata-rata 84,5 dari nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 65. (4) Terjadi peningkatan kehadiran siswa dalam kegiatan belajar mengajar, dan (5) Terjadi peningkatan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, H. dan Ghozaly, F. (2018). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud ( Edisi Revisi,cetakan ke-2). Klaten: PT. Macan Jaya Cemerlang.
Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi, cetakan 7). Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Depdiknas. (2006). Permendiknas RI Nomor 22 Tahun 2006, tentang Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta.
Depdiknas. (2006). Permendiknas RI nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Kurikulun Tingkat Satuan Pendidikan . Jakarta.
Depdiknas. (2006), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Depdiknas Jakarta
Kemendikbud (2017). Buku Pedoman Guru PAdBP Kelas 6 dan Buku Siswa PAdBP Kelas 6 (Buku PAdBP Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Permendiknas, (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Riduwan (2009). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidik. Kencana, Jakarta.
Sudjana, N. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Susilo (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publlisher.
Tim Balai Pustaka. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka. Jakarta.
Published
2019-10-12