Pengaruh Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Local Wisdom Papua Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Pesawat Sederhana Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Mariyai

  • Neng Yulianti Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Endra Putra Raharja Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Yannika Nidiasari Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Model pembelajaran PjBL, local wisdom Papua, dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berfokus pada penggunaan model pembelajaran PjBL dengan pendekatan saintifik berbasis local wisdom Papua. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar peserta didik dan hal-hal yang sering menghambat tercapainya tujuan pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini untuk memastikan bahwa modelpembelajaran PjBL dengan pendekatan saintifik berbasis local wisdom Papua layak  digunakan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental - one group pretest-posttets design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik instrumen tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didasarkan pada analisis data dan pengujian hipotesis, hasil uji t yang dilakukan di dapatkan nilai nilai thitung yaitu 26,628 > ttabel yaitu 1,753 dan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 Ha diterima. Kesimpulan yaitu terdapat pengaruh penggunaan modelpembelajaran PjBL dengan pendekatan saintifik berbasis local wisdom Papua terhadap hasil belajar peserta didik SMP Muhammadiyah 02 Mariyai Sorong Papua Barat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-17