Media Pembelajaran Interaktif dengan Media Ispring 9 Pada Mapel Matematika
Abstract
Berdasarkan observasi pada SD Inpres Nifuboko Soe ditemukan bahwa guru selama ini hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, latihan, dan tugas secara manual dalam mengajar mata pelajaran matematika. Guru menyadari bahwa metode yang digunakan tersebut membosankan karena peserta didik terlihat kurang tertarik dalam belajar hal ini disebabkan oleh pengetahuan terhadap teknologi dalam menyediakan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen tes untuk mengukur kemampuan siswa kelas 3 SD Inpres Nifuboko dengan menggunakan ispring. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil uji coba yang dilakukan menggunakan ispirng 9 diperoleh data hasil validasi ahli materi dengan rata-rata 88,6 % berada pada kategori sangat layak Selanjutnya hasil pengujian pada angket yang diberikan pada siswa maka diperoleh hasil dengan rata-rata persentase sebesar 84%. Berdasarkan hasil pengujian data tersebut maka Pembelajaran dengan ispring 9 membuat siswa lebih berantusias dalam belajar dikarenakan tampilannya menarik, dan membuat siswa lebih mudah memahami materi.
Downloads
Copyright (c) 2023 Diana Yani Fallo, Rosalinda Mbena
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).