Media Pembelajaran Interaktif dengan Media Ispring 9 Pada Mapel Matematika

  • Diana Yani Fallo universitas citra bangsa
  • Rosalinda Mbena Universitas Citra Bangsa
Keywords: ispring 9, power point, pembelajaran interaktif

Abstract

Berdasarkan observasi pada SD Inpres Nifuboko Soe ditemukan bahwa  guru selama ini hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, latihan, dan tugas secara manual dalam mengajar mata pelajaran matematika. Guru menyadari bahwa metode yang digunakan tersebut membosankan karena peserta didik terlihat kurang tertarik dalam belajar hal ini disebabkan oleh pengetahuan terhadap teknologi dalam menyediakan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen tes untuk mengukur kemampuan siswa kelas 3 SD Inpres Nifuboko dengan menggunakan ispring. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil uji coba yang dilakukan menggunakan ispirng 9  diperoleh data hasil validasi ahli materi dengan rata-rata 88,6 % berada pada kategori sangat layak Selanjutnya hasil pengujian pada angket yang diberikan pada siswa maka diperoleh hasil dengan rata-rata persentase sebesar 84%. Berdasarkan hasil pengujian data tersebut maka Pembelajaran dengan ispring 9 membuat siswa lebih berantusias dalam belajar dikarenakan tampilannya menarik, dan membuat siswa lebih mudah memahami materi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-14