Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching Learning) Pada Pokok Bahasan Peredaran Darah Siswa Kelas V SD Inpres 14 Kabupaten Sorong

  • Sulistiyanto Sulistiyanto SD Inpres Kabupaten Sorong
Keywords: Prestasi Belajar IPA, Kontekstual (Contextual Teaching Learning), SD Inpres 14 Kabupaten Sorong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan PrestasiĀ  belajarĀ  bagi siswa di SD Inpres 14 Kabupaten Sorong melalui pemanfaatan Pendekatan Kontektual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) pemanfaatan metode Pendekatan Kontektual dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa. (b) Pemanfaatan model kontektual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72 % meningkat menjadi 85 % pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulyasa. (2004). Menjadi Guru professional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Riduwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rochiati Wiriaatmadja. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY .Press.
Suharsimi Arikunto. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi, cetakan 7). Jakarta: Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto, dkk. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Sumadi Suryabrata. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suryobroto. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Susilo. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publlish
Published
2019-10-18