Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Kompetensi Pada Praktikum Pemrograman Web Di SMK

  • Haryati Haryati
Keywords: pengembangan instrumen, penilaian berbasis kompetensi, pemrograman web

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian berbasis kompetensi pada praktikum pemrograman web di SMK yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian menggunakan pendekatan R&D dengan model pengembangan instrumen mengacu pada strategi pengembangan kisi-kisi instrumen penilaian berbasis kompetensi menurut Djemari Mardapi. Data berupa data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh melalui angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach dengan bantuan SPSS. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran pemrograman web dan peserta didik kelas X TKJ SMK Negeri 4 Makassar sebanyak 30 orang masing-masing 10 orang untuk uji coba skala kecil dan 20 orang untuk uji coba skala besar. Instrumen penilaian yang telah dikembangkan divalidasi oleh pakar dan direvisi sesuai saran dari pakar. Hasil penelitian berupa produk instrumen penilaian berbasis kompetensi pada praktikum permograman web yang berupa tes berbasis kompetensi praktik, rubric penilaian kompetensi praktik dan rubrik penilaian aspek afektif. Hasil pengembangan memenuhi tuntutan validitas, berdasarkan penilaian pakar yang dianalisis menggunakan koefesien indeks Aiken. Hasil belajar peserta didik yang melampaui KKM menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen penilaian berbasis kompetensi pada praktikum pemrograman web di SMK valid, praktis, dan efektif.

References

Azwar, S., 2016. Metode Penelitian. Jakarta: Pustaka Pelajar. BSNP Indonesia. 2017. Standar Nasional Pendidikan, (online). http://bsnp-indonesia.org/?page_id=61. Diakses tanggal `15 Januari 2017.
Djemari Mardapi. 2004. Pengembangan Sistem Penilaian berbasis kompetensi. Makalah Disampaikan dalam Seminar Nasional Rekayasa Sistem Penilaian dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan, di Hotel Century-Saphir Yogyakarta.
Kodedi. 2013. Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Pemodelan Dalam Pembelajaran Konstruksi Bangunan di SMKN 1 Gunung Jati Cirebon. Skripsi : Universitas Pendidikan Indonesia.
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mangesa dan Andayani. 2015. “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi Bidang Kelistrikan di Sekolah Menengah Kejuruan”, dalam Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXXIV(3), hlm. 401-411.
Published
2018-07-02