Meningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olah Raga Dan Kesehatan (PJOK) Materi Permainan Bola Besar dengan Gerakan Bermain Sepak Bola dan Bola Voli Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Kota Sorong
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan jasmani, olah raga dan Kesehatan pada materi permainan bola besar Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Kota Sorong dengan bermain sepak bola dan bola voli. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) peragaan bermain sepak bola dan bola voli dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa. (b) Pemanfaatan metode gerakan bermain sepak bola dan bola voli dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 81,78 meningkat menjadi 86,38 pada siklus II
Downloads
References
Riduwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rochiati Wiriaatmadja. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Slameto. (201 ). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Suryobroto. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Susilo. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publlis
TIM, 2013. Buku guru PJOK SMP/MTs kelas IX, Jakarta : Kemdikbud
TIM, 2013. Buku siswa PJOK SMP/MTs kelas IX, Jakarta : Kemdikbud
Copyright (c) 2023 Beatrix M Buratehi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).