Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Melalui Pendekatan Saintifik Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1 Kota Sorong Tahun 2022

  • Ani Wahyuntari SMP Negeri 1 Kota Sorong
Keywords: Pendekatan saintifik, Sistem peredaran darah, SMP Negeri 1 Kota Sorong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar hasil belajar IPA materi sistem peredaran darah pada manusia Siswa Kelas VIII H  SMP Negeri 1 Kota Sorong melalui pemanfaatan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) pemanfaatan pendekatan saintifik dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa. (b) Pemanfaatan pendekatan saintifik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 74,97 meningkat menjadi 81,03  pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dergibson S. dan Sugiarto, 2000, Metode Statistika , PT Gramedia Pustaka
Utama, Jakarta
Hilda K. dan Margaretha S, 2004, “Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi” Model
Model Pembelajaran, Bina media Informasi,Bandung
Nana Sudjana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Riduwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rochiati Wiriaatmadja. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Slameto. (201 ). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Suryobroto. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Susilo. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publlishe
TIM, 2013. Buku guru IPA SMP/MTs kelas VIII, Jakarta : Kemdikbud
TIM, 2013. Buku siswa IPA SMP/MTs kelas VIII, Jakarta : Kemdikbud
Published
2023-01-16