Meningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung Dengan Model {Pembelajaran Discovery Learning Siswa Kelas IX B SMP Don Bosco Kota Sorong
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas IX B SMP Don Bosco Kota Sorong melalui model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis yang data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) penggunaan pendekatan saintifik dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa. (b) Pemanfaatan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,06 meningkat menjadi 79,06 pada siklus II.
Downloads
References
Utama, Jakarta
Hilda K. dan Margaretha S, 2004, “Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi” Model
Model Pembelajaran, Bina media Informasi,Bandung
Nana Sudjana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Negoro dan B. Harahap, 1998, Ensiklopedia Matematika, Balai aksara
Riduwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rochiati Wiriaatmadja. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Slameto. (201 ). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Suryobroto. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Susilo. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publlisher.
Sugiyono, 2014, Statistik Untuk Penelitian, CV Alfabeta, Bandung.
TIM, 2013. Buku guru matematika SMP/MTs kelas IX, Jakarta : Kemdikbud
TIM, 2013. Buku siswa matematika SMP/MTs kelas IX, Jakarta : Kemdikbud
Copyright (c) 2023 Annatje Florentie Mandik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).