Aplikasi Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) pada mata Pelajaran Biologi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII MTsN Model Makassar

  • Jaharudin Jaharudin
Keywords: Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill), Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai aplikasi pendidikan kecakapan hidup (life skill), siswa belajar dalam suatu kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif, dengan struktur kelompok yang heterogen, yang tetap memperoleh pengarahan atau bimbingan dari guru. Jadi siswa dibagi menjadi 6 kelompok kecil, kemudian diberi tugas untuk kemudian didiskusikan bersama anggota kelompoknya, di bawah pengarahan atau bimbingan dari
guru. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui aplikasi pendidikan kecakapan hidup (life skill) pada mata pelajaran biologi dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTsN Model Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MTsN Model Makassar 260 siswa, sedangkan sampelnya adalah kelas MTsN Model Makassar berjumlah 38 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa, lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dari data yang diperoleh dapat diketahui bahwa penerapan pendidikan kecakapan hidup
(life skill) berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi. Hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis statistik inferensial (uji statistik) diperoleh t hitung=17,33 lebih besar dari t tabel = 0,329 pada

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admin.2007. Pendidikan Mengenal Life Skill. Tersedia: http://www.smp1bojonegoro.-nrt/cetak.php?id=158. Diakses pada :Sabtu20 Februari 2010.
Andriati, M. 2010. “Aplikasi Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills) Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Kecakapan Generik di SMP AL-Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010”.Skripsi. FKIP UMS (Tidak Diterbitkan)
Anonim.2005. Pedoman Integrasi Life Skills Dalam Pembelajaran. Jakarta:Dirjen KAI Depag.
Anwar. 2004. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life skill education). Bandung :Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Bandung:Rineka Cipta Bandung
Asmani. 2009. “Sekolah Life Skills” Lulus Siap Kerja!.Yogyakarta: DIVA Press.
Brolin, D.E. 1989. Life Centered Career Education: A Competency Based Approach.
Departemen Agama. 2005. RI, AL-JUMANATUL ALI “ Al-Qur’an dan Terjemahanya Bandung: J-ART
Djamarah, Syaiful Bachri, 2002. Strategi Belajar Mengajar Cet III. Jakarta: Rineka Cipta
Depdikbud Dikdasmen, 1997. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.
Dimyati, M.,& Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Depdikbud.Jakarta: PT Rineka Cipta
Published
2018-07-02