Aplikasi Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) pada mata Pelajaran Biologi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII MTsN Model Makassar
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai aplikasi pendidikan kecakapan hidup (life skill), siswa belajar dalam suatu kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif, dengan struktur kelompok yang heterogen, yang tetap memperoleh pengarahan atau bimbingan dari guru. Jadi siswa dibagi menjadi 6 kelompok kecil, kemudian diberi tugas untuk kemudian didiskusikan bersama anggota kelompoknya, di bawah pengarahan atau bimbingan dari
guru. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui aplikasi pendidikan kecakapan hidup (life skill) pada mata pelajaran biologi dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTsN Model Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MTsN Model Makassar 260 siswa, sedangkan sampelnya adalah kelas MTsN Model Makassar berjumlah 38 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa, lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dari data yang diperoleh dapat diketahui bahwa penerapan pendidikan kecakapan hidup
(life skill) berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi. Hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis statistik inferensial (uji statistik) diperoleh t hitung=17,33 lebih besar dari t tabel = 0,329 pada
Downloads
References
Andriati, M. 2010. “Aplikasi Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills) Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Kecakapan Generik di SMP AL-Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010”.Skripsi. FKIP UMS (Tidak Diterbitkan)
Anonim.2005. Pedoman Integrasi Life Skills Dalam Pembelajaran. Jakarta:Dirjen KAI Depag.
Anwar. 2004. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life skill education). Bandung :Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Bandung:Rineka Cipta Bandung
Asmani. 2009. “Sekolah Life Skills” Lulus Siap Kerja!.Yogyakarta: DIVA Press.
Brolin, D.E. 1989. Life Centered Career Education: A Competency Based Approach.
Departemen Agama. 2005. RI, AL-JUMANATUL ALI “ Al-Qur’an dan Terjemahanya Bandung: J-ART
Djamarah, Syaiful Bachri, 2002. Strategi Belajar Mengajar Cet III. Jakarta: Rineka Cipta
Depdikbud Dikdasmen, 1997. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.
Dimyati, M.,& Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Depdikbud.Jakarta: PT Rineka Cipta
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).