Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 10 Semarang

  • Mohamad Afandi Afandi MA
Keywords: Pengaruh, Prestasi belajar, Smartphone

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 10 Semarang pada jurusan MIPA kelas XI. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang diambil yaitu kelas XI MIPA 1 dengan 36 siswa. Penelitian ini menggunakan satu variabel independent yaitu penggunaan smartphone (X) dan satu variabel dependen yaitu prestasi belajar (Y). Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer berupa angket dengan 36 responden dan data sekunder berupa nilai rata-rata rapor. Metode penelitian ini menggunakan ex post facto. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini diketahui nilai signifikansi (Sign.) sebesar 0.416 yang artinya lebih besar dari 0,05. Selain itu pada variabel independen (penggunaan smartphone) diperoleh nilai thitung=0.823<2.0322=ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak yang berrti tidak ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan smartphone (X) tehadap prestasi belajar siswa(Y).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-10