Meningkatkan Pembelajaran Roll Depan Dengan Alat Bantu Karpet pada Siswa MTs. Muhammadiyah Kabupaten Sorong
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan pembelajaran roll depan dengan alat bantu karpet pada siswa mts. muhammadiyah kabupaten sorong . Metode penelitian yang digunakan adalah class action research ( penelitian tindakan kelas ).
Hasil penelitian yang diperoleh pada siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Kabupaten Sorong yang berjumlah 23 siswa adalah, (1) Pada pembelajaran pra siklus aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran senam lantai roll depan adalah siswa tuntas sebanyak 8 siswa dengan prosentase 34.78 %, dan siswa belum tuntas sebanyak 15 siswa dengan prosentase 65.21 %. (2) Pada pembelajaran dengan menggunakan alat bantu matras pada siklus I menjadi siswa tuntas sebanyak 12 dengan prosentase 52.17 %, siswa yang belum tuntas sebanyak 11 dengan prosentase 47.82 %. (3) Hasil penelitian pada siklus 2 siswa tuntas menjadi 16 dengan prosentase 69.56 % dan yang belum tuntas 7 siswa dengan prosentase 30.43%.
Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat bantu matras dalam pembelajaran senam lantai roll depan dapat meningkatkan hasil belajar yang signifikan bagi siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Kabupaten Sorong, Siswa terlihat tertarik, aktif, antusias, memperhatikan dan dapat mengikuti proses pembelajaran roll depan.
Downloads
Copyright (c) 2020 Risnawati Risnawati, Ilham Dwi Cahyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).