Meningkatkan Pembelajaran Roll Depan Dengan Alat Bantu Karpet pada Siswa MTs. Muhammadiyah Kabupaten Sorong

  • Risnawati Risnawati Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Ilham Dwi Cahyono Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Pembelajaran Roll Depan, Alat Bantu Matras

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan pembelajaran roll depan dengan  alat bantu karpet pada siswa mts. muhammadiyah kabupaten sorong . Metode penelitian yang digunakan adalah class action research ( penelitian tindakan kelas ).

Hasil penelitian yang diperoleh pada siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Kabupaten Sorong yang berjumlah 23 siswa adalah, (1) Pada pembelajaran pra siklus aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran senam lantai roll depan adalah siswa tuntas sebanyak 8 siswa dengan prosentase 34.78 %, dan siswa belum tuntas sebanyak 15 siswa dengan prosentase 65.21 %. (2) Pada pembelajaran dengan menggunakan alat bantu matras pada siklus I menjadi siswa tuntas sebanyak 12 dengan prosentase 52.17 %, siswa yang belum tuntas sebanyak 11 dengan prosentase 47.82 %. (3) Hasil penelitian pada siklus 2 siswa tuntas menjadi 16 dengan prosentase 69.56 % dan yang belum tuntas 7 siswa dengan prosentase 30.43%.

Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat bantu matras dalam pembelajaran senam lantai roll depan dapat meningkatkan hasil belajar yang signifikan bagi siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Kabupaten Sorong, Siswa terlihat tertarik, aktif, antusias, memperhatikan dan dapat mengikuti proses pembelajaran roll depan.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-10