Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Labshcool STKIP Pulau Arar

  • Jaharudin Jaharudin Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Sirojjuddin Sirojjuddin Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Fathurrahman Fathurrahman Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Hasil Belajar

Abstract

Latar belakang dalam  penelitian  ini salah satu tugas negara yang sangat penting adalah pendidikan, karena faktor utama yang dapat memajukan suatu negara adalah dengan melalui pendidikan, melihat fenomena saat  pendidikan  masih mengalami kesulitan dalam bersaing karena siswa cenderung tidak mampu menyelesaikan masalah-masalah dilingkungan sekolah sehingga menunjukaan hasil belajar cenderung menurung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, rumusan  masalah (1) Bagaimana Hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi sebelum menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah? (2) Bagaimana Hasil belajar siswa pada mata pelajaran  biologi setelah menggunakan  Model Pembelajaran Berbasis Masalah?. Populasi dalam  penelitian ini adalah siswa  SMA Labshcool STKIP Pulau Arar berjumlah 43 siswa, sedangan sampel adalah siswa kelas X SMA SMA Labshcool STKIP Pulau berjumlah 15 siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar Observasi dan  pre-test, post-test. Hasil penelitian ini mengalami peningkatan dari siklus 1 dan siklus 2, dengan nilai rata-rata siklus 1 sebesar 55,66 dan siklus 2 sebesar 73,53. Sedangkan standar deviasi mengalami perbedaan dari siklus 1 dan siklus 2 dengan standar deviasi  siklus 1 sebesar 19,26, dan standar deviasi siklus 2 sebesar 3,68. Sehingga dikategorikan terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Aswan Zain, Saiful Bahri Djamarah. Sterategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.2006.
Dalyono, M . Fsikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Hamzah B. Uno. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 2006.
Made Wena. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara. 2010
Mudjiono, Dimyati. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2002.
Nana Sudjana.. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Al-Gehindo. 2008.
Rusman,. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta. Raja Grafindo Persada. 2010.
Safei. Strategi Belajar Mengajar. Laboratorium Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar : Makassar. 2007.
Slameto. Belajar dan Fakto-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. 1995.
Syaiful Sagala. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.2010
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo spersada. 2005.
Sugiyono. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta. 2008.
Suyadi. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: DIVA Press.2010
Sri Wahyuni. Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Rrobing Prompting Mata Pelajaran Biologi Pokok Bahasan Sistem Respirasi Pada Manusia Kelas XI 〖IPA〗_4SMAN Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Makassar: UIN Alauddin Makassar. 2011
Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka. 2007.
Wina Sanjaya. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana. 2008
Published
2020-02-10