Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Labshcool STKIP Pulau Arar
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini salah satu tugas negara yang sangat penting adalah pendidikan, karena faktor utama yang dapat memajukan suatu negara adalah dengan melalui pendidikan, melihat fenomena saat pendidikan masih mengalami kesulitan dalam bersaing karena siswa cenderung tidak mampu menyelesaikan masalah-masalah dilingkungan sekolah sehingga menunjukaan hasil belajar cenderung menurung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, rumusan masalah (1) Bagaimana Hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi sebelum menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah? (2) Bagaimana Hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi setelah menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah?. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Labshcool STKIP Pulau Arar berjumlah 43 siswa, sedangan sampel adalah siswa kelas X SMA SMA Labshcool STKIP Pulau berjumlah 15 siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar Observasi dan pre-test, post-test. Hasil penelitian ini mengalami peningkatan dari siklus 1 dan siklus 2, dengan nilai rata-rata siklus 1 sebesar 55,66 dan siklus 2 sebesar 73,53. Sedangkan standar deviasi mengalami perbedaan dari siklus 1 dan siklus 2 dengan standar deviasi siklus 1 sebesar 19,26, dan standar deviasi siklus 2 sebesar 3,68. Sehingga dikategorikan terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Aswan Zain, Saiful Bahri Djamarah. Sterategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.2006.
Dalyono, M . Fsikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Hamzah B. Uno. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 2006.
Made Wena. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara. 2010
Mudjiono, Dimyati. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2002.
Nana Sudjana.. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Al-Gehindo. 2008.
Rusman,. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta. Raja Grafindo Persada. 2010.
Safei. Strategi Belajar Mengajar. Laboratorium Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar : Makassar. 2007.
Slameto. Belajar dan Fakto-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. 1995.
Syaiful Sagala. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.2010
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo spersada. 2005.
Sugiyono. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta. 2008.
Suyadi. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: DIVA Press.2010
Sri Wahyuni. Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Rrobing Prompting Mata Pelajaran Biologi Pokok Bahasan Sistem Respirasi Pada Manusia Kelas XI 〖IPA〗_4SMAN Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Makassar: UIN Alauddin Makassar. 2011
Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka. 2007.
Wina Sanjaya. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana. 2008
Copyright (c) 2020 Jaharudin Jaharudin, Sirojjuddin Sirojjuddin, Fathurrahman Fathurrahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).