Peran Ascription Of Responsibility Terhadap Kepatuhan Siswa dalam Mentaati Aturan Sekolah
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan di MAN yang ada di Yogjakarta dengan judul “Peran Ascription Of Responsibility Terhadap Kepatuhan Siswa Dalam Mentaati Aturan Sekolah”. Masalah penelitian ini ialah masih terdapat banyak sekolah yang mana berperan sebagai tempat pengembangan perilaku siswa namun belum mampu secara optimal memainkan perannya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat peran ascription of responsibility terhadap ketaatan siswa dalam mentaati aturan sekolah?. Tujuan penelitian ini untuk melihat peran ascription of responsibility terhadap kepatuhan siswa dalam mentaati aturan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian secara kuantitatif yang menggunakan desain penelitian asosiatif korelasional. Data yang dikumpulkan diperoleh dari hasil angket, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa: Ascription Of Responsibility berkorelasi dengan kepatuhan siswa dalam mentaati aturan sekolah. Yang mana diketahui Diketahui r table = 0.138 dan pearson correlation sebesar 0,394. Maka dapat dikatakan bahwa pearson correlation > r table = berhubungan. Dan dapat disimpulkan bahwa Ascription Of Responsibility berhubungan secara positif terhadap kepatuhan siswa dalam mentaati aturan sekolah dengan derajat hubungan korelasi rendah. Dan diketahui juga bahwa koefisien regresi X sebesar 0,837 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai Ascription Of Responsibility, maka nilai kepatuhan siswa bertambah sebesar 0,837.
Downloads
Copyright (c) 2023 Azmy Ali Muchtar, Soraya Utsman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).