Pengaruh Keterampilan Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 18 Raja Ampat

  • Dedy Safri Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: keterampilan, pengelolaan, hasil belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang nyata antara hasil belajar siswa yang diberikan Keterampilan Pengelolaan Kelas dengan hasil belajar sisiwa yang tidak diberikan Keterampilan Pengelolaan  Kelas, subyek penelitian ini pada siswa SMP Negeri 18 Raja Ampat khususnya mata pelajaran IPS- Terpadu. Metode yang digunakan adalah metode experimen dengan subyek  penelitian kelas VII yang di bagi menjadi dua kelompok yaitu Kelompok satu adalah kelompok experimen, kelompok yang diberikan keterampilan pengelolaan kelas sedangkan Kelompok dua adalah kelompok control, kelompok yang tidak diberikan keterampilan pengelolaan kelas. Sebelum diadakan eksperimen, kedua kelas tersebut dilaksanakan pre tes kemudian untuk kelas eksperimen diberikan keterampilan pengelolaan kelas. Sedangkan pada kelas control tidak diberikan keterampilan penggunaan keterampilan pengelolaan kelas sebanyak tujuh kali pertemuan di adakan ujian semester (tes akhir/pos tes). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah the static comparison  Control Group diolah melalui uji persamaan dua rata rata dengan menggunakan rumus  ttes Dengan hasil yang telah diperoleh yaitu kelas yang menggunakan pengelolaan Kelas mendapat nilai rata-rata akhir lebih tinggi dibandingkan kelas yang tidak menggunakan keterampilan pengelolaan kelas yaitu. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang medapatkan perlakuaan penggunaan keterampilan pengelolaan kelas dan  yang  tidak di berikan atau di kenai perlakuaan pengelolaan kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar Sehady, Purnomo, R dan Usman Husaini, 2001. Pengantar Statistik, Bumi Aksara, Jakarta
Arikunto Suharsimi, 2002 Prosedur Penelitian, PT. Rineka Cipta Jakarta
Ansori Ihsan. H, 2002 Pengantar Pendidikan Universitas Muhamadiya Malang
Boediono, 2002, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Pusat Kurikulum Balitbang Bebdiknas Jakarta
Buediono, 2006 Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran, Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas Jakarta
Furqon, 2001. Statistika Terapan Untuk Penelitian CV. Alvabeta. Bandung
Hemalik Oemar, 2001. Kurikulum dan Pembelajaran Bumi Akasara Jakarta
Mudhoffir, 1996. Teknologi Intruksional. Remaja Rosdakarya Offset Bandung
Murseel. J, Nasution, S, 2002. Mengajar dengan Sukses (Succesful Teaceng) Bumi Aksara Jakarta
Mudyaharjo. 2002, Pengantar Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.
Mudjiono dan Dimyati, 1994, Belajar dan Pembelajaran Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta
Mujianto Gigit, Saraswati Ekariri, Prihanta Wahyu, 2004 Perencanaan Pengajaran Universitas Muhamadiya Malang
Poerwanti Endang, Nurwida 2002 Perkembangan Peserta Didik, Universitas Muhamadiya Malang
Setiawati Lilis dan M. Usman Uzun, 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya Bandung
S. Fatika Siti, Chamisijatin Lise, Kusmiarti Tuti, 2004 Kemampuan Dasar Mengajar Universitas Muhamadiya Malang
Sunaryo Hari, 2004, Strategi Belajar Mengajar Univesitas Muhamadiya Malang
Zain Aswan dan Djamarah Bahri Syaiful, 1995. Strategi Belajar Mengajar Rineka Cipta Jakarta
Published
2020-02-10