Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Peserta Didik Kelas X TKJ/MM di SMK Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi melalui penerapan lembar kerja peserta didik (LKPD). Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan penelitiannya, yaitu 1) menyusun rencana, pada tahap ini peneliti menyusun rencana dengan cara menyusun perangkat pembelajaran maupun instrument penelitian yang berupa LKPD; 2) melaksanakan tindakan, peneliti melakukan proses pembelajaran dengan memberikan LKPD pada peserta didik, pada tahap ini juga terdapat proses observasi; 3) observasi; dan 4) refleksi, peneliti melakukan penilaian terhadap hasil LKPD dari peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong pada peserta didik kelas X TKJ/MM. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah LKPD untuk melihat keterampilan menulis dengan cara melakukan observasi. Penelitian tindakan kelas ini berlangsung selama 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan lembar kerja peserta didik pada peserta didik kelas X TKJ/MM di SMK Muhammadiyah Aimas dapat meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi.
Downloads
References
Hgashita, N., dkk. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Model Jurisprudensial Berbasis Wisata Lapangan pada Siswa Kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Singaraja. E-Journal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 3, No. 1.
Husna, Ikhsan, M., Fatimah, S. Gardner, H. (2003). Terjemahan: Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk – Teori dalam praktek. Penerbit Interaksara.
Khotimah, S. H., dkk. (2018). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 7, No.3.
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ramayulis. (2015). Dasar-Dasar Kependidikan: Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia.
Wicaksono, D. P., Atmojo, T., Kusmayadi, Usodo, B. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk pada Materi Balok dan Kubus untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol. 2, No. 5. Hal. 534-549.
Copyright (c) 2020 Teguh Yuliandri Putra, Sitti Khadijah, Adam Adam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).