Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Peserta Didik Kelas X TKJ/MM di SMK Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong

  • Teguh Yuliandri Putra Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Sitti Khadijah Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Adam Adam Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: keterampilan menulis, teks laporan, LKPD

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi melalui penerapan lembar kerja peserta didik (LKPD). Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan penelitiannya, yaitu 1) menyusun rencana, pada tahap ini peneliti menyusun rencana dengan cara menyusun perangkat pembelajaran maupun instrument penelitian yang berupa LKPD; 2) melaksanakan tindakan, peneliti melakukan proses pembelajaran dengan memberikan LKPD pada peserta didik, pada tahap ini juga terdapat  proses observasi; 3) observasi;  dan 4) refleksi, peneliti melakukan penilaian terhadap hasil LKPD dari peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong pada peserta didik kelas X TKJ/MM. Instrumen yang digunakan dalam penelitian  adalah LKPD untuk melihat keterampilan menulis dengan cara melakukan observasi. Penelitian tindakan kelas ini berlangsung selama 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan lembar kerja peserta didik pada peserta didik kelas X TKJ/MM di SMK Muhammadiyah Aimas dapat meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arbangi, dkk. (2006). Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada. Gardner, H. (2003). Terjemahan: Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk – Teori dalam Praktek).Penerbit Interaksa.
Hgashita, N., dkk. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Model Jurisprudensial Berbasis Wisata Lapangan pada Siswa Kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Singaraja. E-Journal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 3, No. 1.
Husna, Ikhsan, M., Fatimah, S. Gardner, H. (2003). Terjemahan: Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk – Teori dalam praktek. Penerbit Interaksara.
Khotimah, S. H., dkk. (2018). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 7, No.3.
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ramayulis. (2015). Dasar-Dasar Kependidikan: Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia.
Wicaksono, D. P., Atmojo, T., Kusmayadi, Usodo, B. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk pada Materi Balok dan Kubus untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol. 2, No. 5. Hal. 534-549.
Published
2020-02-10