Penerapan Metode Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium STKIP Muhammadiyah Sorong Pulau Arar

  • Abdul Hafid Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Ismail Marzuki Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Menulis, Puisi Bebas, Kontekstual

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan  menulis puisi bebas dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual siswa  kelas VIII SMP Laboratorium STKIP Muhammadiyah Sorong Pulau Arar.  Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus pembelajaran. Populasi yang digunakan adalah kelas VIII sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah menggunakan teknis analisis data menutur Aqib. Pada tahap prasiklus siswa yang tuntas sebanyak 33,33%, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 75%. Siklus I menunjukkan bahwa siswa yang tuntas adalah sebanyak 58.33 %, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 41.66%. Dengan demikian, hasil pembelajaran menulis puisi bebas pada siklus I belum memenuhi batas 75% siswa tuntas. Siklus II menunjukkan siswa yang tuntas adalah sebanyak 83.33 %, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 16.66%. Hasil pembelajaran menulis puisi bebas pada siklus II memenuhi batas ketuntasan klasikal  yakni 75% dari keseluruhan siswa dan siswa dinyatakan tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-10