Penerapan Metode Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium STKIP Muhammadiyah Sorong Pulau Arar

  • Abdul Hafid Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Ismail Marzuki Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Menulis, Puisi Bebas, Kontekstual

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan  menulis puisi bebas dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual siswa  kelas VIII SMP Laboratorium STKIP Muhammadiyah Sorong Pulau Arar.  Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus pembelajaran. Populasi yang digunakan adalah kelas VIII sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah menggunakan teknis analisis data menutur Aqib. Pada tahap prasiklus siswa yang tuntas sebanyak 33,33%, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 75%. Siklus I menunjukkan bahwa siswa yang tuntas adalah sebanyak 58.33 %, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 41.66%. Dengan demikian, hasil pembelajaran menulis puisi bebas pada siklus I belum memenuhi batas 75% siswa tuntas. Siklus II menunjukkan siswa yang tuntas adalah sebanyak 83.33 %, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 16.66%. Hasil pembelajaran menulis puisi bebas pada siklus II memenuhi batas ketuntasan klasikal  yakni 75% dari keseluruhan siswa dan siswa dinyatakan tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anik, L. N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas Vi Dalam Menulis Puisi Bebas Dengan Metode “Conference Writing” Di Sdn Kesamben I Kecamatan Plumpang Tuban Tahun Pelajaran 2014/2015. Education and Human Development Journal. https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i1.83
Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Cahyani, I., & Sulistyowati, E. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Melalui Media Gambar pada Siswa Kelas VII MTsN Sei Pimping Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya. https://doi.org/10.33654/sti.v3i1.503.
Depdiknas (2006) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006
Kosmajadi, E. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Teknik Pemetaan Pikiran. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v1i1.342
Pebriana, P. H. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan. https://doi.org/10.26858/publikan.v7i2.3144
Pebriana, P. H. (2018). Pembelajaran Menulis Puisi Bebas Dengan Menggunakan Metode Sugesti Imajinatif Pada Kelas V SDN 001 Salo. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v10i1.7135
Romelah, R. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Kata Mengalir Berbantuan Media Benda Konkret Pada Siswa Kelas VIII SMPN 5 Pagentan. LINGUA: Journal of Language, Literature and Teaching. https://doi.org/10.30957/lingua.v13i1.11
Sukma, E. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Negeri Sumbersari III Malang Dengan Strategi Pemetaan Pikiran. Diksi. https://doi.org/10.21831/diksi.v14i1.6546
Tarigan, Henry Guntur. 1994. Membaca Ekspresif. Bandung: Angkasa
Tilaar, A. L. (2015). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dalam Mengajarkan Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v1i3.72
Published
2020-02-10