Penerapan Metode Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium STKIP Muhammadiyah Sorong Pulau Arar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual siswa kelas VIII SMP Laboratorium STKIP Muhammadiyah Sorong Pulau Arar. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus pembelajaran. Populasi yang digunakan adalah kelas VIII sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah menggunakan teknis analisis data menutur Aqib. Pada tahap prasiklus siswa yang tuntas sebanyak 33,33%, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 75%. Siklus I menunjukkan bahwa siswa yang tuntas adalah sebanyak 58.33 %, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 41.66%. Dengan demikian, hasil pembelajaran menulis puisi bebas pada siklus I belum memenuhi batas 75% siswa tuntas. Siklus II menunjukkan siswa yang tuntas adalah sebanyak 83.33 %, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 16.66%. Hasil pembelajaran menulis puisi bebas pada siklus II memenuhi batas ketuntasan klasikal yakni 75% dari keseluruhan siswa dan siswa dinyatakan tuntas.
Downloads
Copyright (c) 2020 Abdul Hafid, Ismail Marzuki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).