Implementasi Hybrid Learning Pada Era Post-Pandemic di Fakultas Pendidikan dan Vokasi Universitas Lancang Kuning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode hybrid learning dalam proses perkuliahan dilihat dari sudut pandang mahasiswa ketika mengikuti perkuliahan di Fakultas Pendidikan dan Vokasi Universitas Lancang Kuning tahun akademik 2021/2022. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian survei.
Adapun jumlah sample dalam penelitian ini adalah sebanyak 118 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Guru PAUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran hybrid learning ini termasuk dalam kategori “high” atau tinggi dengan rerata skor mean 4.09. Dengan kata lain, penerapan model pembelajaran hybrid ini telah berjalan dengan baik di mana mahasiswa merasakan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien, materi pembelajaran yang disediakan oleh dosen dalam berbagai format dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Selanjutnya, mahasiswa merasa termotivasi untuk lebih aktif lagi dalam mengikuti pembelajaran, hybrid learning karena ia mampu memberikan mahasiswa kesempatan berkomunikasi baik dengan dosen ataupun teman sekelas terkait materi pembelajaran di luar jam perkuliahan dengan memanfaatkan berbagai applikasi. Selain itu, dalam mengerjakan tugas, mahasiswa juga diberikan penambahan waktu untuk dapat menyelesaikannya secara maksimal.
Downloads
Copyright (c) 2023 Refika Andriani, Sri Wahyuni, Lina Mardiyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).