Implementasi Hybrid Learning Pada Era Post-Pandemic di Fakultas Pendidikan dan Vokasi Universitas Lancang Kuning

  • Refika Andriani Universitas Lancang Kuning
  • Sri Wahyuni Universitas Lancang Kuning Pekanbaru
  • Lina Mardiyana SMA Negeri 1 Pangkalan Lesung, Pekanbaru
Keywords: Hybrid Learning, Face to face, Synchronous Virtual Collaboration, Asynchronous Virtual Collaboration, Self-Pace Asynchronous

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode hybrid learning dalam proses perkuliahan dilihat dari sudut pandang mahasiswa ketika mengikuti perkuliahan di Fakultas Pendidikan dan Vokasi Universitas Lancang Kuning tahun akademik 2021/2022. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian survei. 

Adapun jumlah sample dalam penelitian ini adalah sebanyak 118 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Guru PAUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran hybrid learning ini termasuk dalam kategori “high” atau tinggi dengan rerata skor mean 4.09. Dengan kata lain, penerapan model pembelajaran hybrid ini telah berjalan dengan baik di mana mahasiswa merasakan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien, materi pembelajaran yang disediakan oleh dosen dalam berbagai format dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Selanjutnya, mahasiswa merasa termotivasi untuk lebih aktif lagi dalam mengikuti pembelajaran, hybrid learning karena ia mampu memberikan mahasiswa kesempatan berkomunikasi baik dengan dosen ataupun teman sekelas terkait materi pembelajaran di luar jam perkuliahan dengan memanfaatkan berbagai applikasi. Selain itu, dalam mengerjakan tugas, mahasiswa juga diberikan penambahan waktu untuk dapat menyelesaikannya secara maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-10