Pengembangan Media Video Pembuatan Pola Dasar Kelas X Jurusan Tata Busana SMKN 8 Padang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami pembuatan pola serta proses pembelajaran yang kurang efektif karena media pembelajaran yang kurang variatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media video, mendeskripsikan validitas serta praktikalitas media video sebagai media pembelajaran pembuatan pola dasar untuk kelas X Tata Busana di SMKN 8 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian research and development yang menggunakan model pengembangan 4D. Prosedur pengembangan 4D terdiri dari 4 tahap, yaitu define, design, develop, and disseminate. Media video kemudian divalidasi oleh empat orang, yaitu dua ahli desain media beserta dua ahli materi dan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan nilai validitas media sebesar 0,88 dengan kategori sangat valid, sementara nilai validitas materi dan bahasa yakni 0,9 dengan kategori sangat valid. Media video kemudian dilakukan uji praktikalitas oleh guru dan memperoleh skor persentase 88% dengan kategori sangat praktis. Sementara nilai praktikalitas yang diujikan pada siswa memperoleh skor persentase 82,3% dengan kategori sangat praktis sehingga media video ini sudah dapat digunakan dalam mata pembelajaran Pembuatan Pola di SMKN 8 Padang.
Downloads
Copyright (c) 2023 Dini Rahayu, Weni Nelmira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).