Pengaruh Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin melalui Metode Mnemonic

  • Julia Santoso Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Ma Chung
  • Daniel Ginting Universitas Ma Chung
Keywords: Bahasa Mandarin, Kosakata, Metode Mnemonic

Abstract

Pembelajaran bahasa Mandarin telah diajarkan mulai dari tingkat taman kanak-kanak (TK) sampai perguruan tinggi di Indonesia. Namun demikian, proses penguasaan kosa kata bahasa Mandarin masih dirasakan sulit oleh banyak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Mandarin para peserta didik melalui pendekatan mnemonic. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan sekitar dua belas siswa kelas 1 SD. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kosakata bahasa Mandarin. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan kosakata siswa yang setelah diajar dengan pendekatan mnemonic. Faktor-faktor yang dipertimbangkan saat pelaksanaan metode ini termasuk bermain sambil belajar, frekuensi latihan feedback dan reward serta tingkat kesulitan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-10