Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Menggunakan Media Youtube Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan
Abstract
Zaman digital seperti yang kita rasakan saat ini membuat segala lini kehidupan sudah dapat ditampilkan kedalam dunia digital. Sudah kebanyakan orang pasti dapat mengakses yang namanya YouTube. YouTube sampai sekarang menjadi jaringan media sosial yang paling banyak diminati masyarakat dewasa bahkan anak-anak sekalipun. Tidak terlepas di dalam dunia pendidikan sendiri, tenaga pengajar sangat bisa memanfaatkan media ini untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana respon mahasiswa terhadap pembelajaran menggunakan Media YouTube sebagai media ajar dalam Mata Kuliah Pengantar Pendidikan, menganalisis bagaimana minat dan motivasi mahasiswa dalam belajar mata kuliah pengantar pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa Universitas Sulawesi Barat terhadap media YouTube serta efek yang ditimbulkan setelah mengakses materi pembelajaran melalui media YouTube. Sebanyak 90,3% dari 32 orang mahasiswa menyatakan menyukai media YouTube digunakan sebagai media pembelajaran dan penelitian ini dapat memberi landasan empiris manfaat YouTube yang dapat dikembangkan dosen sebagai media pembelajaran dalam berbagai mata kuliah di perguruan tinggi.
Downloads
Copyright (c) 2023 Zuhra Meiliza, St. Harpiani, Muflihah Baktiar, Hustiana Hustiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).