Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Matakuliah Penelitian Pendidikan

  • Rubbi Kurniawan IKIP Budi Utomo
  • Anangga Widya Pradipta IKIP Budi Utomo
Keywords: Penelitian Pendidikan, Tingkat Kesulitan, Daya Beda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk tingkat kesulitan dan daya beda butir soal ujian akhir semester mata kuliah Penelitian Pendidikan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan pada mahasiswa PJKR IKIP Budi Utomo angkatan 2020 sebanyak 40 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dengan bentuk soal tes pilihan ganda sebanyak 50 butir soal. Penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan sebanyak 29 butir soal atau sebanyak 58% butir soal dinyatakan valid dan sebanyak 21 butir soal atau sebanyak 42% butir soal dinyatakan tidak valid dengan kriteria sangat reliabel. Tingkat kesulitan butir soal termasuk dalam kategori kurang baik karena komposisi soal tidak berimbang yang dimana butir soal yang masuk kategori mudah sebanyak 24%, kategori sedang sebanyak 52% dan kategori sulit sebanyak 0%. Daya beda butir soal 46% masuk kategori sangat baik, 18% masuk dalam kategori baik, 2% masuk kategori sedang, dan 34% masuk kategori tidak baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Beda dan Fungsi Distraktor. AL-MANAR : Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115

Gunawan, I., & Retno Palupi, A. (2022). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Educadum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(2), 98–117.

Hanan, M. P., Jannah, R. R., & Alim, J. A. (2023). ANALISIS BUTIR SOAL MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB BERBASIS CERITA DI SDN 111 PEKANBARU. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.538

Hardani, H., Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatitf & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group. https://perpustakaan.gunungsitolikota.go.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/YjU0ZDA0M2M0ZjE5ZWM0ZTk3NWI0MGJhYmI2YWYyNmM1YTFlNWE5Yg==.pdf

Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas Reliabilitas. Health Books Publishing.

Irhamni, I. (2017). Prinsip-prinsip dan Pendekatan Dalam Penilaian Hasil Belajar. Intelektualita, 5(1), Article 1.

Kholis, N. (2023). Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2023/2024. Prosiding Seminar Nasional Literasi Dan Pedagogi (SRADA), 127–136.

Krisma, D. A., & ’Adna, S. F. (2023). Analisis butir soal ujian tengah semester mata kuliah probabilitas: Bagaimana kualitasnya? PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i1.4959

Linda, L., & Sugandi, A. I. (2023). EFEKTIVITAS BAHAN AJAR ETICA BERBASIS VBA DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK ABAD 21 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6232

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Fauziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/1291

Nadhifa, A. A., & Firdaus, E. F. (2023). ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH MATEMATIKA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 DI SMA AN-NURIYYAH BUMIAYU DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), Article 1.
Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books. https://lemlit.unpas.ac.id/wp-content/uploads/2022/02/Metode-Penelitian-Kuantitatif.pdf

Putra, D. O., Sudarmanto, E., & Nurhidayat, N. (2023). MANAJEMEN PEMBINAAN BULUTANGKIS PB. RBT HUMATO SRAGEN TAHUN 2018-2022. Indonesian Journal of Sport Science and Technology (IJST), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31316/ijst.v2i1.4776

Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., & Putri, F. A. (2022). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif pada Tes Uraian dan Tes Objektif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i2.2649

Rahmawati, L. E., & Huda, M. (2017). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Muhammadiyah University Press.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/heri-retnawati-dr/analisis-instrumen-penelitiana4100hal.pdf

Rivaie, M. T., H. Wanto. (2019). Penilaian. Pgri Prov Kalbar dan Yudha English Gallery.

Safitri, E. M., Wahyuni, S., & Ahmad, N. (2023). PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN IPA SMP. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.20527/quantum.v14i1.15212

Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes dan Validitas Ramalan dalam Evaluasi Pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.26594/dirasat.v2i2.879

Wartoni, W., & Benyamin, P. I. (2020). STRATEGI PENGEMBANGAN TES OBJEKTIF (PILIHAN GANDA). Diegesis : Jurnal Teologi, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.46933/DGS.vol5i1%p
Published
2023-07-10