Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Matakuliah Penelitian Pendidikan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk tingkat kesulitan dan daya beda butir soal ujian akhir semester mata kuliah Penelitian Pendidikan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan pada mahasiswa PJKR IKIP Budi Utomo angkatan 2020 sebanyak 40 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dengan bentuk soal tes pilihan ganda sebanyak 50 butir soal. Penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan sebanyak 29 butir soal atau sebanyak 58% butir soal dinyatakan valid dan sebanyak 21 butir soal atau sebanyak 42% butir soal dinyatakan tidak valid dengan kriteria sangat reliabel. Tingkat kesulitan butir soal termasuk dalam kategori kurang baik karena komposisi soal tidak berimbang yang dimana butir soal yang masuk kategori mudah sebanyak 24%, kategori sedang sebanyak 52% dan kategori sulit sebanyak 0%. Daya beda butir soal 46% masuk kategori sangat baik, 18% masuk dalam kategori baik, 2% masuk kategori sedang, dan 34% masuk kategori tidak baik.
Downloads
References
Gunawan, I., & Retno Palupi, A. (2022). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Educadum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(2), 98–117.
Hanan, M. P., Jannah, R. R., & Alim, J. A. (2023). ANALISIS BUTIR SOAL MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB BERBASIS CERITA DI SDN 111 PEKANBARU. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.538
Hardani, H., Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatitf & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group. https://perpustakaan.gunungsitolikota.go.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/YjU0ZDA0M2M0ZjE5ZWM0ZTk3NWI0MGJhYmI2YWYyNmM1YTFlNWE5Yg==.pdf
Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas Reliabilitas. Health Books Publishing.
Irhamni, I. (2017). Prinsip-prinsip dan Pendekatan Dalam Penilaian Hasil Belajar. Intelektualita, 5(1), Article 1.
Kholis, N. (2023). Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2023/2024. Prosiding Seminar Nasional Literasi Dan Pedagogi (SRADA), 127–136.
Krisma, D. A., & ’Adna, S. F. (2023). Analisis butir soal ujian tengah semester mata kuliah probabilitas: Bagaimana kualitasnya? PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i1.4959
Linda, L., & Sugandi, A. I. (2023). EFEKTIVITAS BAHAN AJAR ETICA BERBASIS VBA DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK ABAD 21 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6232
Magdalena, I., Fauziah, S. N., Fauziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/1291
Nadhifa, A. A., & Firdaus, E. F. (2023). ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH MATEMATIKA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 DI SMA AN-NURIYYAH BUMIAYU DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), Article 1.
Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books. https://lemlit.unpas.ac.id/wp-content/uploads/2022/02/Metode-Penelitian-Kuantitatif.pdf
Putra, D. O., Sudarmanto, E., & Nurhidayat, N. (2023). MANAJEMEN PEMBINAAN BULUTANGKIS PB. RBT HUMATO SRAGEN TAHUN 2018-2022. Indonesian Journal of Sport Science and Technology (IJST), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31316/ijst.v2i1.4776
Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., & Putri, F. A. (2022). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif pada Tes Uraian dan Tes Objektif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i2.2649
Rahmawati, L. E., & Huda, M. (2017). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Muhammadiyah University Press.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/heri-retnawati-dr/analisis-instrumen-penelitiana4100hal.pdf
Rivaie, M. T., H. Wanto. (2019). Penilaian. Pgri Prov Kalbar dan Yudha English Gallery.
Safitri, E. M., Wahyuni, S., & Ahmad, N. (2023). PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN IPA SMP. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.20527/quantum.v14i1.15212
Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes dan Validitas Ramalan dalam Evaluasi Pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.26594/dirasat.v2i2.879
Wartoni, W., & Benyamin, P. I. (2020). STRATEGI PENGEMBANGAN TES OBJEKTIF (PILIHAN GANDA). Diegesis : Jurnal Teologi, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.46933/DGS.vol5i1%p
Copyright (c) 2023 Rubbi Kurniawan, Anangga Widya Pradipta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).