Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sistem Pengendali Elektromagnetik

  • Nurlaela Nurlaela Universitas Negeri Makassar
  • Firman Firman Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Pengembangan; Multimedia; Sistem; Elektromagnetik; R&D.

Abstract

Abstrak: Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengembangkan Multimedia Pembelajaran Sistem Pengendali Elektromagnetik di SMK Negeri 3 Bantaeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D). Subjek pada penelitian adalah siswa SMK Negeri 3 Bantaeng kelas XII pada Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Untuk memenuhi syarat validitas, kepraktisan dan efektifitas dalam penelitian pengembangan multimedia pembelajaran ini digunakan lima langkah, yaitu: studi pustaka, studi lapangan, penyusunan draft produk, uji coba terbatas, dan uji coba lebih luas. Uji kevaliditasan dilakukan oleh 2 orang validator, uji kepraktisan dilakukan melalui hasil respon siswa dan observasi terhadap guru yang menggunakan multimedia, sedangkan uji efektifitas dilakukan melalui penilaian terhadap hasil belajar siswa kemudian membandingkannya dengan hasil uji kompetensi pada tahun 2011 dan tahun 2012. Pengembangan multimedia pembelajaran sistem pengendali elektromagnetik pada penelitian ini efektif meningkatkan persentase tingkat kelulusan siswa dimana persentase kelulusan siswa jauh lebih baik dan ada peningkatan dibandingkan dengan persentase kelulusan pada uji kompetensi tahun 2011 dan tahun 2012. Hasil respon siswa menunjukkan bahwa produk multimedia yang dihasilkan sangat praktis dan siswa sangat berminat untuk belajar karena adanya variasi dalam pemberian materi ajar, sedangkan dari hasil observasi guruĀ  yang menggunakan multimedia pembelajaran menunjukkan bahwa multimedia yang digunakanĀ  sangat baik, menarik dan sangat praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Ashar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.
Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.
Bright, GW. 1983. Explaining the Effeciency of Computer Assisted Instruction. AEDS Journal, 16 (3), 144-152.
Clarck, R. 1983. Reconsedering Research on Learning From Media. Review of Educational Research. 53 (4), 445-549.
Criswell, E.L. 1989. The Design of Computer Based Instruction. New York: Macmillan Publishing.
Diaz-Martin, Portia. 2001. Computer Assisted Instruction/ Programmed Instruction. (online),(http://informatics.buffalo.edu/programmedinstr/program.html, Diakses 6 Agustus 2012).
Dikse, I wayan & Sundika, I Putu. 2011. Animasi Dengan Flash 8. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Dimyati & Mujiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djalal, M.F. 1986. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Asing. Malang: P3T Malang.
Hamalik, O. 1994. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Hidayatullah, Priyanto, dkk. 2011. Animasi Pendidikan Menggunakan Flash. Bandung : Informatika
Krisna. 19 Oktober 2009. Pengertian dan Ciri-Ciri Pembelajaran (online), (http://krisna1.blog.uns.ac.id/pengertian-dan-ciri-ciri-pembelajaran/, diakses, 9 September 2012)
Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mappalotteng, Abdul Muis. 2011. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Disertasi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Mardika, I Nyoman. 2008. Pengembangan Multimedia Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris di SD. Tesis. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Muhibbin. S. 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustamin. 2005. Efektifitas Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) Mata Pelajaran Teknik Digital Pada SMK Muhammadiyah Bontoala Makassar. Tesis. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: PPS Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurkencana., Wayan., & Sunartan. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Putra, Nusa. 2011. Research & Development. Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Robilyer, M.D., Castine, W.H., & King, F.J. 1988. Assesing The Impact of Computer Based Instruction: A Review of Recent Research. New York: Haworth Press.
Royers. 7 Oktober 2009. Jenis dan Kegunaan Kontaktor Magnet. (online), (erick-son1.blogspot.com/, Diakses 12 Agustus 2012)
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Pengembangan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Saifuddin Azwar. 2010. Tes Prestasi Fungsi Dan Pengembangan Pengukuran
Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Seifert, Kelvin. 2007. Manajemen Pembelajaran dan Instruksi Pendidikan. Jogjakarta: Ircisod
Setiyono, Bambang Dwi. 2008. Pengembangan Pembelajaran Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Yang Berkualitas, (online), (http://etraining.tkplb.org, Diakses 6 Agustus 2012).
Published
2022-07-18