Meningkatkan Kemampuan Menghitung dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Tugasku Sehari-Hari Kelas II SD Labschool STKIP Muhammadiyah Sorong

  • Alman Alman Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Pendekatan Kontekstual, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peneningkatan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajarpeserta didik kelas II SD Labschool STKIP Muhammadiyah Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Variabel penelitianini terdiri dari variabel bebas yaitu pendekatan kontekstual dan variabel terikat yaitu hasil belajar peserta didik.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II SD Labschool STKIP Muhammadiyah Sorongsemester I tahun ajaran 2019/2020 yangberjumlah 8peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar belajar Peserta didik. Hasil belajar saat pratindakan, rata-rata kelas adalah 65,76 untuk ketuntasan ada 3 peserta didik atau 40% dan belum tuntas ada 5peserta didik atau 60%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 70,00. Pada siklus I diperoleh peningkatan hasil rata-rata kelas71,92, ketuntasan ada 5peserta didikatau 60% dan belum tuntas ada 3 peserta didik atau 40% berarti ada kenaikan nilai rata-rata pra tindakan ke siklus I sebesar 6,16, sedangkan siklus II hasilnya mengalami kenaikan lagi yaitu rata-rata kelas meningkat menjadi 76,90 dan ketuntasan ada 7peserta didik atau 85,71% dan belum tuntas ada 1peserta didik atau 14,29%, dengan demikian ada kenaikan rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 4,98. Selain itu kemampuanpeserta didik dalam mengikuti pemlajaran juga meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya kemampuanpeserta didik dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukkan pendapat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa (2009).Kelebihan dan Kelemahan Pembelajaran CTL. (Online: 2019)
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta : Renika Cipta
Berns, R.G and Erickson, P.M. (2001). Contextual Teaching and Learning. The HighlightZone : Research a Work No. 5 (Online: 2019) tersedia:
Depdiknas.(2002). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.
Dzaki (2009).Contextual Teaching and Learning. (Online: Maret 2014) Tersedia:http://arrumsundari.wordpress.com/2012/11/19/contextual-teaching-and- learning/
Owens, T. (2001, Spring). Teacher Preparation for Contextual Teaching andLearning A Statewide Consortium Model.Portland, Oregon; NorthwestRegional Educational Laboratory.
Sanjaya, W. (2006).Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta:Kencana.
Sunarti, Selly Rahmawati. (2014). Penilaian dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: PenerbitANDI.
Suryadi, D (2005). Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Tidak Langsung sertaPendekatan Gabungan Langsung dan Tidak Langsung dalam RangkaMeningkatkan Kemampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Peserta didik SLTP.Disertasi UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Trianto, 2011.Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2020-07-03