Peningkatan Kreativitas Belajar dalam Pembelajaran PKN Melalui Model Discovery Learning pada Siswa Kelas XI SMA UNIMUDA Sorong

  • Aldilla Yulia W.S Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong
  • Ihsan Ihsan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong
  • Sri Rizki Handayani Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong
Keywords: Discovery Learning, Kreativitas Belajar PKn.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar dalam pembelajaran PKn melalui model pembelajaran penemuan (discovery learning) pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Lab School Arar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Lab School Arar yang berjumlah 16 orang dan objek penelitiannya adalah kreativitas belajar dalam pembelajaran PKn melalui model pembelajaran penemuan (discovery learning). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Indikator kreativitas belajar siswa, yaitu: 1) memiliki rasa ingin tahu yang besar, 2) memiliki kemandirian yang tinggi, 3) memiliki kesenangan dalam mengerjakan tugas yang sulit, 4) memiliki inisiatif, dan 5) berani menyatakan pendapat dan keyakinannya. Kriteria keberhasilan penelitian untuk kreativitas belajar adalah telah mencapai nilai KKM 75 dan ketuntasan kelas sebesar 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui model pembelajaran penemuan (discovery learning). 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2014. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Anonim, “Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional”, diakses dari http://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf, pada tanggal 22 Desember 2015.
Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dita Wahyu Tri Utaminingsih, “Upaya Peningkatan Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Bagi Siswa Kelas VII C SMPN 3 Prambanan Tahun Ajaran 2009/2010”, hlm. 2, diakses dari http://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/pdf/..., pada tanggal 22 Desember 2015.
Hawadi, Reni Akbar, dkk. 2001. Kreativitas. Jakarta: PT. Grasindo.
Info Publik, 2014, “Pengertian Dan Indikator Kreativitas Belajar”, diakses dari http://publik22.blogspot.com>Home>Belajar dan Pembelajaran, pada tanggal 5 Januari 2016.
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Munandar, Utami. 2002. Membangun Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia.
______________ . 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia.
Pendidikan Kewarganegaraan, “Hakekat dan Tujuan Pembelajaran PKn”, diakses dari http://pknkita.blogspot.com/2011/05/hakekat dan tujuan pembelajaran PKn, pada tanggal 20 Juni 2015.
Pendidikan Kewarganegaraan, 2015, “Kreativitas Belajar Siswa”, diakses dari http://ainamulyana.blogspot.com>Home>Berita>Pembelajaran, pada tanggal 23 Desember 2015.
Prodi PGSD, “Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Pembelajaran PKn”, diakses dari http://dodirullyandapgsd.blogspot.com>Home>PGSD, pada tanggal 22 Juni 2015.
P3G-UNM, “[PDF] Discovery Learning”, diakses dari http://p3.unm.ac.id/index.php/download/ca... , pada tanggal 23 Desember 2015.
Semiawan, Conny, dkk. 1987. Pendekatan Keterampilan Proses : Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar?. Jakarta: Gramedia.
Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tim Dosen BPF, “Model-Model Pembelajaran”, diakses dari http://file.upi.edu/ ../Learning_Models.ppsx, pada tanggal 23 Desember 2015.
Usman. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Widyasari, Choiriyah. Kreativitas dan Keterbakatan. Surakarta: Qinant.
Published
2020-07-03