Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Mata Kuliah TEYL Mahasiswa Semester VI Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

  • Nursalim Nursalim Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Simulasi, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar mahasiswa dengan penerapan metode simulasi dalam mata kuliah Teaching English For Young Learners. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Setting penelitian adalah mahasiswa reguler semester VI, berjumlah 30 orang mahasiswa yang mengambil mata kuliah Teaching English For Young Learners. Rancangan penelitian melibatkan dosen sebagai peneliti utama dan sekaligus sebagai pelaku tindakan, dosen pengamat dan mahasiswa sebagai subyek didik. Cara penelitian dilakukan melalui : 1. perencanaan, 2. implementasi tindakan kelas, 3. pemantauan dan evaluasi, 4. analisis dan refleksi, 5. penyimpulan hasil. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan angket : Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Penelitian tindakan ini dengan menerapkan metode simulasi dalam pembelajaranTeaching English For Young Learners. Hasil dari penelitian tindakan ini adalah 1) Penerapan metode pembelajaran simulasi dapat meningkatkan aktifitas mahasiswa. Terjadi peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II, dan dari siklus II ke siklus III. 2) Penerapan metode pembelajaran simulasi dapat mengoptimalkan prestasi belajar mahasiswa. Prestasi belajar mahasiswa mengalami peningkatan dari prestasi belajar siklus I ke siklus II, dan dari siklus II ke siklus III.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cameron, L. (2001). Teaching Language to Young Learners. Cambrigde: Cambridge University Press.
Lie, Anita. 2007. Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang - Ruang Kelas. Jakarta : Grasindo.
Hamalik,Oemar, 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara Suryabrata,Sumadi. 2006.
Panduan Penelitian Tindakan.
Yogyakarta : Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
Kemmis S dan Mc Taggart . (1988 ) . The Action Research Planner. Deakin: Deakin University Press.
Moleong, Lexy.J.. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sardiman AM. (2003). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press
Published
2020-07-03