Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Mata Kuliah TEYL Mahasiswa Semester VI Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar mahasiswa dengan penerapan metode simulasi dalam mata kuliah Teaching English For Young Learners. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Setting penelitian adalah mahasiswa reguler semester VI, berjumlah 30 orang mahasiswa yang mengambil mata kuliah Teaching English For Young Learners. Rancangan penelitian melibatkan dosen sebagai peneliti utama dan sekaligus sebagai pelaku tindakan, dosen pengamat dan mahasiswa sebagai subyek didik. Cara penelitian dilakukan melalui : 1. perencanaan, 2. implementasi tindakan kelas, 3. pemantauan dan evaluasi, 4. analisis dan refleksi, 5. penyimpulan hasil. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan angket : Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Penelitian tindakan ini dengan menerapkan metode simulasi dalam pembelajaranTeaching English For Young Learners. Hasil dari penelitian tindakan ini adalah 1) Penerapan metode pembelajaran simulasi dapat meningkatkan aktifitas mahasiswa. Terjadi peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II, dan dari siklus II ke siklus III. 2) Penerapan metode pembelajaran simulasi dapat mengoptimalkan prestasi belajar mahasiswa. Prestasi belajar mahasiswa mengalami peningkatan dari prestasi belajar siklus I ke siklus II, dan dari siklus II ke siklus III.
Downloads
References
Lie, Anita. 2007. Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang - Ruang Kelas. Jakarta : Grasindo.
Hamalik,Oemar, 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara Suryabrata,Sumadi. 2006.
Panduan Penelitian Tindakan.
Yogyakarta : Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
Kemmis S dan Mc Taggart . (1988 ) . The Action Research Planner. Deakin: Deakin University Press.
Moleong, Lexy.J.. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sardiman AM. (2003). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press
Copyright (c) 2020 Nursalim Nursalim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).