Hubungan Tanggung Jawab Belajar dengan Disiplin Siswa pada Mata Pelajaran Agama Buddha

  • Tiani Tiani Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga
  • Partono Nyanasuryanadi
  • Eko Prasetyo
Keywords: Tanggung jawab belajar, disiplin siswa

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan suatu kemampuan dan pengetahuan siswa dalam prose belajar. Salah satunya adalah untuk meningkatkan tanggung jawab dan disiplin sisiwa pada saat mengikuti proses pembelajar di dalam kelas. Namun, dalam proses belajar masih ditemukan siswa yang belum memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin pada saat belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan seberapa besar hubungan tanggung jawab belajar dengan disiplin siswa pada mata pelajaran agama Buddha. Jenis penelitian ini adalah mengunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data menggunakan penyebaran angket dengan jumlah sisiwa 35 siswa dan analisis data menggunakan analisis regeresi berganda. Hasil dari analisis data tersebut bahwa ada hubungan yang signifikan anatara kedua variabel ditunjukkan dari hasil tanggung jawab belajar memperoleh rata rata 3,47, berdasarkan kategori tinggi dengan persentase 69%. Sedangkan disiplin siswa memperoleh rata- rata 3,39 berdasarkan kategori tinggi dengan persentase 68%. Sehingga dapet disimpulkan terdapat hubungan tanggung jawab belajar dengan didiplin siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-13