Peningkatan Kemampuan Pedagogi Mahasiswa Melalui Model Lesson Study pada Mata Kuliah Microteaching

  • Ismail Marzuki Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Hidayatussakinah Hidayatussakinah Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Putri Lia M. Atuani Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Siti Salma Mokan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Pedagogi, Lesson Study, dan Microteaching

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pedagogi mahasiswa melalui penerapan model Lesson Study pada mata kuliah Microteaching di Uiversitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong dengan mengamati fenomena pembelajaran yang dialami oleh mahasiswa di dalam kelas. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang melihat pengalaman individu mahasiswa membentuk pemikiran, tindakan, dan perilaku mereka sebagai calon pendidik profesional. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong yang mengambil mata kuliah Microteaching. Sumber data penelitian ini adalah pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti bersama mahasiswa menggunakan model lesson study pada mata kuliah Microteaching. Data penelitian ini adalah pengalaman subyektif setiap mahasiswa yang didapatkan melalui catan perkuliahan, refleksi dan observasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model analisis kualitatif Miles dan Huberman dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kemampuan pedagogi mahasiswa meningkat dan dapat dikembangkan menggunakan model lesson studi. Kemampuan pedagogi mahasiswa dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan evaluasi atau refleksi pembelajaran secara umum menunjukkan sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamri, N. M. (2020). The Implementation of the Lesson Study Strategy in Teaching Mathematics: Teachers’ Perspectives. Education Research International, 2020(1). https://doi.org/10.1155/2020/1683758.

Barada, V. (2013). Sarah J. Tracy, Qualitative Research Methods: Collecting Evidence, Crafting Analysis, Communicating Impact. In Revija za sociologiju (Vol. 43, Issue 1). https://doi.org/10.5613/rzs.43.1.6.

Buckberry, S., & Burke Da Silva, K. (2012). Evolution: Improving the Understanding of Undergraduate Biology Students with an Active Pedagogical Approach. Evolution: Education and Outreach, 5(2), 266–273. https://doi.org/10.1007/s12052-012-0416-z.

Candra Ningsih, S. (2013). Implementasi Lesson Study Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Makalah Pendamping: Pendidikan Matematika, 1, 375.

Ceswell, jhon w. (2009). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches/John W Creswell. -3rd ed. In Sage Publications, Inc. SAGE Publications Inc.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Dmitrienko, N., Ershova, S., Konovalenko, T., Kutsova, E., & Yurina, E. (2015). Pedagogical Technology of Improving the Students’ Viability Levels in the Process of Mastering Foreign Language. International Education Studies, 8(2), 204–211. https://doi.org/10.5539/ies.v8n2p204.

Herwansah, D., & Susanto, R. (2021). Analisis Kajian Keterkaitan Kompetensi Profesional dengan Kinerja Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 268. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.33371.

Kim, N. H., Wilson, N. C., Mashburn, T., Reist, L., Westrick, S. C., Look, K., Kennelty, K., & Carpenter, D. (2021). Lessons learned recruiting a diverse sample of rural study participants during the COVID-19 pandemic. International Journal of Drug Policy, 97, 103344. https://doi.org/10.1016/j.drugpo.2021.103344.

Nurwidodo, N. (2016). Mendorong lesson study menuju learning community (LSLC). Malang Post.

Nurwidodo, Nurwidodo, Hendayana, S., Hindun, I., & Sarimanah, E. (2018). Strategies for establishing networking with partner schools for implementing lesson study in Indonesia. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(1), 11. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i1.5489.

Purwandari, D. N. (2013). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Proses Pembelaran Di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rianae, T. B., & Edagau, R. (2020). Equity in Education Journal (EEJ). Efektif, Swasta Kota, D I Raya, Palangka, 46–53.

Rifma. (2020). Tantangan peningkatan mutu pendidikan melalui pengembangan profesionalisme guru di era revolusi industri 4.0. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 11. http://pedagogi.ppj.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/836.

Skott, C. K., & Møller, H. (2020). Adaptation of lesson study in a Danish context: Displacements of teachers’ work and power relations. Teaching and Teacher Education, 87, 102945. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102945.

Widarwati, D., Utaminingsih, S., & Murtono. (2021). STEAM (Science Technology Egineering Art Mathematic) Based Module for Building Student Soft Skill. Journal of Physics: Conference Series ; Volume 1823, Issue 1, Page 012106 ; ISSN 1742-6588 1742-6596. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012106.

Wolthuis, F., van Veen, K., de Vries, S., & Hubers, M. D. (2020). Between lethal and local adaptation: Lesson study as an organizational routine. International Journal of Educational Research, 100(January), 101534. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101534.
Published
2024-01-12