Penerapan Metode Find Someone Who Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam bahasa inggris menggunakan metode Find Someone Who. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara siswa yang terlihat dari hasil pretesnya yaitu 41.4 dan termasuk dalam kategori buruk. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, masing –masing siklus terdiri dari 4 tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah Aimas dengan jumlah siswa 17 orang yang terdiri dari 12 siswa laki –laki dan 4 siswa perempuan. Pada siklus I, pertemuan I dari 17 siswa yang mengikuti tes berbicara, terdapat 9 siswa ( 53%) dikategorikan memiliki skor cukup, 7 siswa (41%) dikategorikan memiliki skor yang cukup baik dan 1 siswa (6%) dikategorikan memiliki skor yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Find Someone Who belum berhasil sehingga perlu dilakukan refleksi untuk ditindaklanjuti pada siklus II. Hasil tes formatif siklus II menunjukkan masih ada 2 siswa (12%) yang dikategorikan memiliki skor yang cukup baik, 11 siswa (65%) memiliki skor yang baik dan 4 siswa (24%) memiliki skor yang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Find Someone Who dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris siswa.
Downloads
References
Jumrawarsi. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Find Someone Who Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Gantang, 2(2), 123-131.
Kurnia, N., Degeng, S.N.I., & Soetjipto, E.B. (2017). The Implementation of Find Someone Who and Two Stay Two Stray Models to Improve Students’ Self-Efficacy And Social Studies Learning Outcomes. Journal of Research & Method in Education, 7 (2), 66-70.
Marlina, L., Soetjipto, B.E., Hadi, S. 2016. The Implementation of Rally Coach and Find Someone Who Model To Enhance Social Skills and SocialStudies Learning Outcomes. Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 6 (3): 86-92.
Nurhaniyah, B., Soetjipto, B.E & Hanurawan, F. 2015. The Implementation of Collaborative Learning Model Find Someone who and Flash Card game to enhance Social Studies Learning Motivation for the Fifth Grade Students. Journal of Education and Practice, 6(17): 166-171.
Permendikbud Republik Indonesia Nomor 54 (2013). Tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL).
Sholihat, S. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Find Someone Who Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang Tingkat Dasar (Online),(http://jepang.upi.edu/jurnal/).
Kagan, S. (2009). Kagan Cooperative Learning. San Clemente: Kagan Publishing.
Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tahir, M. (2015). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikani. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar.
Thornbury, S. (2005). How to Teach Speaking. Essex: Longman
Tsui, A. B. M., & Tollefson, J. W. (2007). Language policy and the construction of national cultural identity. In A. B. M. Tsui & J. W. Tollefson (Eds.), Language policy, culture, and identity in Asian contexts (pp. 1-21). London: Lawrence Erlbaum.
Copyright (c) 2020 Nurteteng Nurteteng, Winarsih Winarsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).