A Implementasi Kompetensi Kepribadian Guru Untuk Mengembangkan Sikap Mandiri Peserta Didik Dalam Merealisasikan Profil Pelajar Pancasila Di SDN Bujanggadung Kota Cilegon

  • Nurul Hidayanti
  • Sholeh Hidayat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Zerri Rahman Hakim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • M Taufik M Taufik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Kata Kunci : Kepribadian, Sikap Mandiri, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuanĀ  menganalisis dan mendeskripsikan mengenai pemahaman kompetensi kepribadian guru, upaya dalam mengembangkan sikap mandri peserta didik,dampak dari upaya yang dilakukan oleh guru. Metode yang digunakan yaitu berupa pendekatan kualitatif dengan sumber data yang di dapatkan dari guru kelas 1 dan 4. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi,dokumentasi kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini diperoleh dari tiga hal penting yaitu Guru kelas IV SDN Bujanggadung sudah cukup baik dalam memahami konsep mengenai kompetensi kepribadian dalam mengembangkan sikap mandiri peserta didik dengan mengembangkan dari tiga aspek yaitu intrakulikuler yang di muat dalam mata pelajaran dan di capai melalui tujuan pembelajaran, ekstrakurikuler dari kegiatan pramuka dan budaya sekolah dari pembiasaan yang ada di sekolah seperti apel pagi untuk doa bersama, melaksanakan pembiasaan di kelas tanpa perintah guru dan sebagainya. Kemudian guru melakukan berbagai upaya dalam mengembangkan sikap mandiri peserta didik dengan berperan sebagai teladan, pengajar, pembimbing, dan motivator. Semua dilakukan oleh guru dengan baik dengan menggunakan berbagai macam strategi yang dilakukan. Adapun dampak dari upaya yang dilakukan juga sudah cukup baik, peseta didik dapat mengembangkan kemandiriannya seperti mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab, melaksanakan pembiasaan secara mandiri, mampu bertanya dan menjawab soal yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-12