Kelayakan Pengembangan Modul Mata Kuliah Profesi Kependidikan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Kasus
Abstract
Tujuan penelitian adalah mengetahui kelayakan pengembangan modul mata kuliah profesi kependidikan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis kasus berdasarkan validasi ahli dan ujicoba terbatas modul. Sebagai mahasiswa calon guru memerlukan media belajar yang mampu menghadirkan teori dan contoh praktis guru profesional sesuai perkembangan terkini. Oleh karena itu pendekatan pembelajaran berbasis kasus di adopsi dalam pengembangan modul agar dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan model 4D (define, design, develop, and disseminate). Subjek uji kelayakan modul adalah dosen ahli materi dan dosen ahli media. Ujicoba modul oleh 15 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Tidar semester tiga tahun akademik 2023-2023. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukan modul menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis kasus berdasarkan validasi uji ahli materi memperoleh presentase rata-rata 95% dengan kategori sangat layak. Hasil uji validasi ahli media memperoleh presentase rata-rata 85% dengan kategori sangat layak. Hasil ujicoba pada mahasiswa memperoleh presentase rata rata 81.45% dikategorikan sangat layak. Dapat disimpulkan pengembangan modul mata kuliah profesi kependidikan materi karir guru menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis kasus dikategorikan sangat layak dan dapat dilanjutkan tahap ujicoba lapangan.
Downloads
References
Andayani, E., Mustikowati, R. I., Setiyowati, S. W., & Firdaus, R. M. (2022). Case method: Mengoptimalkan Critical Thinking, Creativity Communication Skills dan Collaboratively Mahasiswa Sesuai MBKM di Era Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 16(1), 52–60. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jppi.v16i1.6973
Arian, Y., Anwar, S., & Junaidi, E. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Kasus Ditinjau dari Self-Regulated Learning Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 2620–8326. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.575
Asep, Helmi, D., Ansiska, P., & Sohilait, D. (2023). Aktivitas Pembelajaran Berbasis Metode Case Method Dalam Pembelajaran Geografi Mata Kuliah Antropologi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 515–522. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1216
Chen, D., Wulandari, M., & Fitriani, R. (2022). ANALISIS KEBUTUHAN MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN E-MODUL INTEGRAL LIPAT MATA KULIAH FISIKA MATEMATIKA I. URNAL ILMIAH BINA EDUKASI, 15(1), 32–39. https://doi.org/https://doi.org/10.33557/jedukasi.v15i1.1759
Djumena, I. (2016). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ORANG DEWASA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH FKIP UNTIRTA. JuJurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 1(1), 61–79. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v1i1.1178
Helmi, Sesrita, A., & Laeli, S. (2018). Profil Analisis Kebutuhan Modul Ajar pada Perkuliahan Model Pembelajaran IPA di SD Bagi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 24–28. https://doi.org/https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.105
Herlina, S. (2019). DESAIN MODUL PENGANTAR DASAR MATEMATIKA UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA. AKSIOMATIK : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 7(3). Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3739
Huda, R., Fauzi, N., Syafruddin, D., & Mardasari, O. R. (2022). The Effectiveness of Classical Chinese Poetry in The Tang Dynasty Era Module in Chinese Literary History Course Efektivitas Modul Puisi Tiongkok Klasik Era Dinasti Tang pada Mata Kuliah Sejarah Kesusastraan Tiongkok. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(11), 1626–1638. https://doi.org/10.17977/um064v2i112022p1626-1638
Hummayra, D., Wahid, A., & Setialaksana, W. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Keamanan Website dan Basis Data Berbasis Case Method. INTEC Journal: Information Technology Education Journal, 2(1), 5–10. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/intec/article/view/43571/0
NURHADIANA. (2020). DESAIN DAN UJI COBA BAHAN AJAR E-MODUL INTERAKTIF MELALUI PENDEKATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MATERI ASAM BASA (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim). Retrieved from http://repository.uin-suska.ac.id/30859/2/UPLOAD.pdf
Nurhayati, N., Saputri, D. F., & Sari, I. N. (2016). Efektivitas Penggunaan Modul Fisika Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(2), 247–258. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/saintek.v4i2.74
Nurhusain, M., & Hadi, A. (2021). Desain Pembelajaran Statistika Terapan Berbasis Kasus Berkualitas Baik ( Valid , Praktis , dan Efektif ) untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 03(02), 105–119. Retrieved from https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/951
Sari, L. P., Hatchi, ; Itgo, & Siregar, D. A. (2019). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ) YANG PRAKTIS BAGI MAHASISWA CALON GURU FISIKA. Jurnal Education and Development, 7(3), 87–90. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.1188
Syahroni, M., & Firmadani, F. (2022). Pengembangan Modul Mata Kuliah Profesi Kependidikan berbasis Case Study. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran [JPPP], 3(3), 225–234. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.13093
Taufiq, I., & Agustito, D. (2021). Uji Kelayakan Modul Trigonometri Berbasis Ajaran Tamansiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 281–290. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.895
Taufiqurrahman, M. (2023). Pembelajaran abad-21 berbasis kompetenci 4c di perguruan tinggi. PROGRESSA, 7(1), 77–89. https://doi.org/https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.441.78-90
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. In A sourcebook. Indiana University, Bloomington, Indiana.
Tjiptiany, E. N., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Membantu Siswa Sma Kelas X Dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1938–1942. https://doi.org/dx.doi.org/10.17977/jp.v1i10.6973
Copyright (c) 2024 Mashud Syahroni, Dhanang Suwidagdho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).