Pengaruh Model Time Token Berbantuan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar PPKn
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk medapatkan data tentang pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas 1 MI Muhammadiyah Al Muttaqien Tahun Ajaran 2023/2024. Waktu pada penelitian ini dilaksanaka pada bulan agustus 2023. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan Pre-Eksperimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 MI Muhammadiyah AL Muttaqien yang berjumlah 8 orang. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal. Tahapan penelitian yang dilakukan yaitu pretest, perlakuan (treatment), dan posttest. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata pretest yaitu 71,87 dan posttest yaitu 90. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas 1 MI Muhammadiyah Al Muttaqien”
Downloads
Copyright (c) 2024 Lia Nur Rahmawati, Ari Suryawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).