Pengaruh Model Time Token Berbantuan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar PPKn

  • Lia Nur Rahmawati Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Ari Suryawan Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Aditia Eska Wardana Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Ari Fatma Warsi Universitas Muhammadiyah Magelang
Keywords: Model Pembelajaran Time Token, Hasil Belajar Siswa, Kartu Flash

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk medapatkan data tentang pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas 1 MI Muhammadiyah Al Muttaqien Tahun Ajaran 2023/2024. Waktu pada penelitian ini dilaksanaka pada bulan agustus 2023. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif  menggunakan Pre-Eksperimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 MI Muhammadiyah AL Muttaqien yang berjumlah 8 orang.  Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal. Tahapan penelitian yang dilakukan yaitu pretest, perlakuan (treatment), dan posttest. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata pretest yaitu 71,87 dan posttest yaitu 90. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas 1 MI Muhammadiyah Al Muttaqien”

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-12