Pengaruh Media Video Animasi pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Emeyodere Kota Sorong

  • Daniel Yanri Letsoin Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Mustika Irianti Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Yannika Nidiasari Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Media video animasi, Hasil belajar siswa, SMP Emeyodere Kota Sorong.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh media video animasi pada hasil belajar siswa dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi layak digunakan dalam proses belajar mengajar. Media animasi adalah alat yang digunakan dalam menyampaikan isi pelajaran yang disajikan dengan menggunakan video agar siswa dapat melihat gambar bergerak, suara, dan juga memberi respon yang aktif. Metode penelitian ini menggunakan pre-experimentaldengan desain one group pretest-posttets. Desain ini melibatkan satu kelompok yang diberi pre-test (O), diberi treatment (X) dan diberi post-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen tes aspek kognitif dan psikomotorik. Serta menggunakan lembar observasi dan dokumentasi lapangan. Hasil penelitian menggunakan analisis data dan pengujian hipotesis uji t. pada satu sampel penelitian. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu hasil uji t yang dilakukan maka di dapatkan nilai thitung yaitu 15.769 ttabel yaitu 1.713 dan nilai sig 2 tailed 0,09 > 0,05 maka Ha diterima. Dilihat dari nilai Ha maka dapat dibuktikan bahwa ada pengaruh media video animasi pada materi sistem pernapasan manusia terhadap hasil belajar siswa di SMP Emeyodere Kota Sorong.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-12