Pengaruh Media Video Animasi pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Emeyodere Kota Sorong
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengaruh media video animasi pada hasil belajar siswa dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi layak digunakan dalam proses belajar mengajar. Media animasi adalah alat yang digunakan dalam menyampaikan isi pelajaran yang disajikan dengan menggunakan video agar siswa dapat melihat gambar bergerak, suara, dan juga memberi respon yang aktif. Metode penelitian ini menggunakan pre-experimentaldengan desain one group pretest-posttets. Desain ini melibatkan satu kelompok yang diberi pre-test (O), diberi treatment (X) dan diberi post-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen tes aspek kognitif dan psikomotorik. Serta menggunakan lembar observasi dan dokumentasi lapangan. Hasil penelitian menggunakan analisis data dan pengujian hipotesis uji t. pada satu sampel penelitian. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu hasil uji t yang dilakukan maka di dapatkan nilai thitung yaitu 15.769 ttabel yaitu 1.713 dan nilai sig 2 tailed 0,09 > 0,05 maka Ha diterima. Dilihat dari nilai Ha maka dapat dibuktikan bahwa ada pengaruh media video animasi pada materi sistem pernapasan manusia terhadap hasil belajar siswa di SMP Emeyodere Kota Sorong.
Downloads
Copyright (c) 2024 Daniel Yanri Letsoin, Mustika Irianti, Yannika Nidiasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).