Persepsi Guru Sekolah Dasar di SDN Tanjung IV Kecamatan Pademawu Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi guru terhadap implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam proses tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan persepsi guru terhadap Kurikulum Merdeka Belajar dan untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi, seperti kebutuhan waktu lebih lama dalam pembelajaran, kurangnya fasilitas, dan rendahnya kompetensi beberapa guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara tidak terstruktur sebagai metode pengumpulan data. Subjek penelitian melibatkan Kepala Sekolah, guru kelas III, dan guru kelas V di SDN Tanjung IV. Analisis data dilakukan melalui pendekatan siklus interaktif. Persepsi guru terhadap Kurikulum Merdeka Belajar di sekolah ini cenderung positif dan optimis, dengan penekanan pada kebebasan, fleksibilitas, dan kemandirian siswa. Namun, implementasinya dihadapkan pada beberapa tantangan, seperti kebutuhan waktu lebih lama, kurangnya fasilitas, dan rendahnya kompetensi guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun terdapat persepsi positif terhadap Kurikulum Merdeka Belajar, implementasinya menghadapi sejumlah tantangan. Oleh karena itu, diperlukan upaya intensif untuk meningkatkan kompetensi guru, menyediakan fasilitas yang memadai, dan mendukung implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di setiap sekolah. Pelatihan dan pengembangan profesional yang berkelanjutan menjadi kunci untuk memastikan kesuksesan kurikulum ini dan memberikan dampak positif pada kualitas pendidikan di era Kurikulum Merdeka Belajar.
Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Persepsi Guru, Sekolah Dasar.
Downloads
References
Alimuddin, J. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR IMPLEMENTATION OF KURIKULUM MERDEKA IN ELEMENTARY SCHOLL. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75. https://doi.org/https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02
Anggraini, D. L., Yulianti, M., Faizah, S. N., Putri, A., & Pandiangan, B. (2022). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial (JIPSI), 1, 2829–2723. https://doi.org/10.58540
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). EFEKTIVITAS DAN PERAN DARI GURU DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 17 No. 1. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/jpl.v17i1.1803
Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Journal of Educational and Language Research, Vol.1, No.12. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/joel.v1i12.3015
B. Miles, M., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis (3 ed.). SAGE Publications.
Daga, A. T. (2021). Makna merdeka belajar dan penguatan peran guru di sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Daga, A. T. (2022). Penguatan peran guru dalam implementasi kebijakan Merdeka Belajar di sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) …. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/9120
Fahmi, D. (2021). Persepsi: Bagaimana Sejatinya Persepsi Membentuk Konstruksi Berpikir Kita. Anak Hebat Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Persepsi/1HRHEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=persepsi+adalah&printsec=frontcover
Fitriyah, C. Z., Wardani, R. P., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Jember, U. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 12 No. 3, 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243
Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum merdeka dalam perspektif pedagogik. SAP (Susunan Artikel …. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/13015
Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800
Kristiawan, M. (2019). Analisis Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Unit Penerbitan dan Publikasi FKIP Univ.
Makarim, N. A. (2022). Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Biro Hukum. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Marisa, M. (2021). INOVASI KURIKULUM “MERDEKA BELAJAR” DI ERA SOCIETY 5.0. Santhet: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Humaniora, Vol. 5, No.1. https://doi.org/10.36526
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution, A. F., Ningsih, S., Silva, M. F., & ... (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. COMPETITIVE …. https://competitive.pdfaii.org/index.php/i/article/view/37
Priyambudi, G., Afrinaldi, R., & Fahrudin. (2023). Persepsi Guru Pendidikan Jasmani dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Tingkat SMK Se-Kabupaten Karawang. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(2), 789–792. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & ... (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu. https://www.neliti.com/publications/452109/implementasi-kurikulum-merdeka-belajar-di-sekolah-penggerak
Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 51–56.
Satriana, M., Buhari, M. R., Makmun, M., Maghfirah, F., Haryani, W., Wahyuningsih, T., Wardana, H., Sagita, A. D. N., Oktamarina, L., & Bakar, A. A. (2021). Persepsi Guru PAUD terhadap Pembelajaran Online: Fenomena Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 362–373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1353
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan tantangan kurikulum baru: Analisis peran guru dalam kebijakan kurikulum baru. Jurnal Basicedu. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3172
Sukma Indra Dewi, R., Adhi Suciptaningsih, O., Eka Anggraini, A., Rizki Kusumaningrum, S., Studi, P. S., Dasar, P., & Negeri Malang, U. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak di SDN 1 Selorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 500–511. https://jiped.org/index.php/JSP
Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758
Yamin, M., & Syahrir. (2020). PEMBANGUNAN PENDIDIKAN MERDEKA BELAJAR (TELAAH METODE PEMBELAJARAN). Jurnal Ilmiah Mandala Education, Vol. 6. No. 1. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/index
Copyright (c) 2024 Nur Muhammad Hafidhi, Oktaviani Adhi Suciptaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).