Pengembangan Kurikulum Merdeka Sebagai Optimalisasi Pembentukan Karakter Peserta Didik SMA Negeri 1 Raja Ampat
Abstract
Adanya kebutuhan pendidikan bagi manusia, adalah sebuah keniscayaan. Dengan pendidikan manusia mampu mengembangkan pola pikirnya dan merubah pola perilakunya, Untuk menjawab tantangan zaman para pakar pendidikan mendesain perangkat yang menjadi pusat dan jantungnya pendidikan. Perangkat itu seringkali disebut sebagai kurikulum. Hakikat dari Kurikulum Merdeka adalah pendidikan yang didasarkan pada kodrat alam dan zaman, yang notabene setiap peserta didik memiliki bakat dan minat berbeda. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dampak yang timbul terhadap proses pembentukan karakter peserta didik SMA Negeri 1 Raja Ampat sebagai pengembang Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus metode studi kasus. Metode penggalian data yang dipakai meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi serta analisisnya menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari 3 langkah yaitu data reduction, data display dan Conclusion Drawing/ Verification. Sedangkan hasil dari penelitian ini yaitu (1) Pengembangan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Raja Ampat dilakukan dengan cara membentuk tim khusus yang bertugas mendesain pelaksanaan P5, (2) Pengembangan Kurikulum Merdeka terhadap pembentukan karakter peserta didik berdampak pada waktu yang dibutuhkan relatih lebih cepat bahkan dapat diperkirakan serta berjalan lebih efektif dan mendalam, (3) Kendalanya yaitu guru tidak sepenuhnya dapat mengontrol factor eksternal yang dapat mempengaruhi karakter peserta didik.
Downloads
Copyright (c) 2024 Muhammad Muzakki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).