Pengembangan Kurikulum Merdeka Sebagai Optimalisasi Pembentukan Karakter Peserta Didik SMA Negeri 1 Raja Ampat

  • Muhammad Muzakki Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Implikasi, Kurikulum Merdeka, Karakter

Abstract

Adanya kebutuhan pendidikan bagi manusia, adalah sebuah keniscayaan. Dengan pendidikan manusia mampu mengembangkan pola pikirnya dan  merubah pola perilakunya, Untuk menjawab tantangan zaman para pakar pendidikan mendesain perangkat yang menjadi pusat dan jantungnya pendidikan. Perangkat itu seringkali disebut sebagai kurikulum. Hakikat dari Kurikulum Merdeka adalah pendidikan yang didasarkan pada kodrat alam dan zaman, yang notabene setiap peserta didik memiliki bakat dan minat berbeda. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dampak yang timbul terhadap proses pembentukan karakter peserta didik SMA Negeri 1 Raja Ampat sebagai pengembang Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus metode studi kasus. Metode penggalian data yang dipakai meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi serta analisisnya menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari 3 langkah yaitu data reduction, data display dan  Conclusion Drawing/ Verification. Sedangkan hasil dari penelitian ini yaitu (1) Pengembangan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Raja Ampat dilakukan dengan cara membentuk tim khusus yang bertugas mendesain pelaksanaan P5, (2) Pengembangan Kurikulum Merdeka terhadap pembentukan karakter peserta didik berdampak pada waktu yang dibutuhkan relatih lebih cepat bahkan dapat diperkirakan serta berjalan lebih efektif dan mendalam, (3)  Kendalanya yaitu guru tidak sepenuhnya dapat mengontrol factor eksternal yang dapat mempengaruhi karakter peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-12