Berkemajuan Membangun Kultur Islam Berkemajuan Melalui Lembaga Pendidikan
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan melakukan kajian empiris dan praktis karakteristik Islam berkemajuan dan Inkulturasi pada lembaga pendidikan Muhammadiyah. Pada bagiannya akan menjadi inspirasi dan peran model pendidikan berkemajuan di dunia pendidikan. Sedangkan metode penelitiannya menggunakan sumber dari kepustakaan ( studi perpustakaan). Artinya, data dan bahan kajian yang dipergunakan berasal dari sumber-sumber kepustakaan. Adapun hasil penelitian bahwa ciri-ciri Islam berkemajuan ( al-Islam al-Taqaddumi ) yang mencakup pandangan yang progresif tentang Islam dalam Karakteristik Lima ( al-Khasha'ishu alhamsu ). Ciri-ciri tersebut adalah: (1) Berdasarkan Tauhid ( al-Mabni 'ala al-Tauhid ); (2) Menekankan pemikiran manusia dari paham syirik, sinkretisme, dan nasionalisme agama; (3) Menjunjung tinggi akal dan ilmu pengetahuan; (4) Mendorong keadilan sosial; (5) Menekankan pentingnya akhlak mulia. Inkulturalisasi pendidikan berkemajuan dilakukan dengan : Pertama , membangun sekolah yang mengintegrasikan pendidikan agama dan umum serta memperkuat branding sekolah. Kedua , mengembangkan pendidikan berbasis pada kehidupan sosial dan kebutuhan masyarakat serta dunia kerja. Ketiga , melakukan reformasi sistem dan nilai dengan mengadopsi nilai-nilai modern abad 21.
Kata kunci : Islam berkemajuan, Inkulturasi, Lembaga pendidikan
Downloads
Copyright (c) 2024 Surindi Surindi, Romelah Romelah, Moh. Nurhakim Moh. Nurhakim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).