Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Karakteristik Arus Searah Dan Bolak-Balik Pada Peserta didik MAN 1 Pandeglang

  • Ade Farid Hasyim Prodi PGSD STKIP Syekh Manshur
  • Badri Munawar Prodi PGPAUD STKIP Syekh Manshur
  • Minhatul Ma’arif Prodi PGPAUD STKIP Syekh Manshur
Keywords: pemahaman Karakteristik Arus Searah Dan Bolak-Balik. media pembelajaran video

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Karakteristik Arus Searah Dan Bolak-Balik Pada Peserta didik MAN 1 Pandeglang. Jenis penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini disebut desain fakrorial 2 x 2, dimana 2 adalah jumlah level dari variabel moderasi minat belajar peserta didik dan 2 adalah jumlah level treatment media video dan media konvensioanal. adapun sampelnya dintukan menggunakan simple random dengan cara diundi. Satu kelompok kontrol yang berjumlah 24 orang dan kelompok ke-2 adalah kelompok eksperimen yang berjumlah 22 orang.. Dari hasil output Group Statistics nilai rata – rata hasil post-test kelas eksperimen dengan media vidio sebesar 79,32 dan kelas post-test kelas kontrol dengan konvensional nilainya sebesar 66.46 lebih kecil dibandingkan dengan nilai rata – rat nilai post-test ekperimen yang strategi pembelajaran menggunkan media vidio oleh karena itu dapat disimpulkan juga penggunaan media vidio lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan media konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional

Dimyati, dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Uno, Hamzah B, 2007.Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara

Slameto,2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesi

Prof. pupuh fathurrohman, M. sobry sutikno, M.Pd. (2007) strategi belajar mengajar. Bandung: PT refika aditama.

Dick and Carey. (2005). Komponen Strategi Pembelajaran. Tersedia: http:// Komponen strategi pembelajaran /2005/08/17/. Diakses tanggal 6 Okotober 2016.

Setyosari & Sihkabuden, 2005. Media pembelajaran.malang:elang emas

Arifin, Zainal. 2012. Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ghozali, Imam. 2008. Desain Penelitian Eksperimental. Semarang. Universitas Diponegoro
Published
2021-02-01