Keefektifan Penerapan “Tekoteka” Ditinjau dari Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan di Sekolah Dasar Se-Kabupaten Sorong
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat keefektifan penerapan teknologi sederhana alat peraga matematika (Tekoteka) ditinjau dari peningkatan kemampuan berhitung permulaan di sekolah dasar se-Kabupaten Sorong. Subjek penelitian ada 3 sekolah, yaitu: SD Inpres 26 Klamono Kabupaten Sorong sebanyak 15 peserta didik, SDN 12 Maladuk Kabupaten Sorong sebanyak 10 peserta didik, dan SD YPK Ebenhaezer Klawana Kabupaten Sorong sebanyak 15 peserta didik. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest noneqivalen group. Hasil data sebelum perlakuan di SD Inpres 26 Klamono Kabupaten Sorong memiliki nilai rata-rata 35,23, nilai maksimal 55, nilai minimal 20 sementara hasil data setelah perlakuan memiliki nilai rata-rata 79,33, nilai maksimal 90, dan nilai minimal 70. Hasil data sebelum perlakuan di SDN 12 Maladuk Kabupaten Sorong memiliki nilai rata-rata 39,00, nilai maksimal 60, nilai minimal 25 sementara hasil data setelah perlakuan memiliki nilai rata-rata 81,67, nilai maksimal 95, nilai minimal 75. Hasil data sebelum perlakuan di SD YPK Ebenhaezer Klawana Kabupaten Sorong memiliki nilai rata-rata 36,60, nilai maksimal 55, nilai minimal 20 sementara hasil data setelah perlakuan memiliki nilai rata-rata 80,00, nilai maksimal 90, nilai minimal 70. Berdasarkan hasil tersebut penerapan ‘Tekoteka’ efektif ditinjau dari peningkatan kemampuan berhitung permulaan di sekolah dasar se-Kabupaten Sorong.
Downloads
References
Arend. R.I. (2008). Learning to each (terjemahan Helly Prajitmo Soetjipto dan Mulyanti Soetjipto). New York. Mc Graw Hill Companies. Inc. (Buku asli terbit tahun 2007).
Cecil, R. Livingston, R. B. & Willson, V. (2009). Measurement and Assessment in Education (2nd Edition). Upper Saddle River, NJ: Person.
Dwi, Lusi Martiana. 2014. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Metode Bermain dengan Media Ular Tangga pada Anak” Jurnal Ilmiag PG PAUD IKIP Veteran Semarang 2:2(2014):36-47.
Richardo, Rino. 2016. “Peran Ethnomathematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013” Jurnal Literasi 7:2(2016):118-125.
Rina, Dwi Sulistyaningsih. 2013. Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Tiga Dimensi dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Geometri Kelas V MI. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Sitanggang, Ahmad. 2013. Alat Peraga Matematika Sederhana untuk Sekolah Dasar. Medan: Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Utara.
Susanti, Leni. 2012. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Tulang Napier terhadap Kecepatan Berhitung Siswa pada Pokok Bahasan Perkalian Bilangan Bulat Studi Eksperimen Kelas VII SMPN 3 Losari Kabupaten Brebes. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon.
Taringan, Daitin. 2012. Penggunaan Teknik Jarimatika untuk Meningkatkan Ketrampilan Berhitung Peserta Didik Kelas II SDN 101774 Sampali Percut Sei Tuan. Artikel.
Wawancara guru SD Inpres 26 Klamono, Serlin M. Likumahwa.
Wawancara kepala sekolah SDN 12 Maladuk, Bertus Momot.
Wawancara mentor UNICEF. Syarifuddin.
Copyright (c) 2021 Yannika Nidiasari, Surya Putra Raharja, Heny Sri Astutik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).