Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Maulida Kecamatan Rajeg
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Maulida, Kecamatan Rajeg. Mutu pendidikan menjadi aspek kritis dalam mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas. Kepala sekolah memiliki peran yang sangat penting sebagai pemimpin dan pengelola lembaga pendidikan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan berdaya saing. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait kebijakan sekolah. Responden utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orangtua siswa, dan siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Maulida, Kecamatan.Rajeg. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Al-Maulida memainkan peran kunci dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kepala sekolah tidak hanya bertanggungjawab untuk administrasi sekolah, tetapi juga berperan dalam motivasi dan melibatkan semua stakeholder dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Tantangannya yaitu, keterbatasan sumber daya dan dinamika perubahan dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan adanya kolaboratif dan inovatif antara kepala sekolah, guru, orangtua, dan siswa untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang optimal. Harapannya semoga penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada pemahaman tentang peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Maulida dan memberikan rekomendasi bagi pihak terkait untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga tersebut.
Downloads
Copyright (c) 2024 Sri Hartati, Hanafi Hanafi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).