Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Maulida Kecamatan Rajeg

  • Sri Hartati UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Hanafi Hanafi Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Keywords: peran kepala sekolah, mutu pendidikan, madrasah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Maulida, Kecamatan Rajeg. Mutu pendidikan menjadi aspek kritis dalam mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas. Kepala sekolah memiliki peran yang sangat penting sebagai pemimpin dan pengelola lembaga pendidikan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan berdaya saing. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait kebijakan sekolah. Responden utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orangtua siswa, dan siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Maulida, Kecamatan.Rajeg. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Al-Maulida memainkan peran kunci dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kepala sekolah tidak hanya bertanggungjawab untuk administrasi sekolah, tetapi juga berperan dalam motivasi dan melibatkan semua stakeholder dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Tantangannya yaitu, keterbatasan sumber daya dan dinamika perubahan dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan adanya kolaboratif dan inovatif antara kepala sekolah, guru, orangtua, dan siswa untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang optimal. Harapannya semoga penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada pemahaman tentang peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Maulida dan memberikan rekomendasi bagi pihak terkait untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-12