Efektivitas Penerapan Metode Flashcard Dalam Pemberantasan Buta Aksara di Batu Lubang Pantai Kabupaten Sorong
Abstract
Buta aksara merupakan masalah yang harus diselesaikan di Indonesia untuk meningkatkan pendidikan yang lebih baik. Permasalahan yang terjadi di Kampung Batu Lubang Pantai adalah masih ditemukan anak yang belum bisa melafalkan huruf maupun menyebut kata. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh media flashcard terhadap kemampuan membaca anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pra eksperimen. Penelitian menunjukan hasil uji normalitas nilai signifikansi Sig. tes awal 0.261 pada Kolmogrov-Smirnov adalah 0,200>0,05 dan Shapiro-Wilk adalah 0,261>0,05. Dengan begitu menunjukan tidak terjadi gangguan asumsi normalitas pada pre-test. Sedangkan nilai signifikansi Sig. post-test pada Kolmogorov-Smirnov yaitu 0,000<0,05 dan Shapiro-Wilk adalah 0,002<0,05 yang berarti terjadi gangguan asumsi normalitas pada data post-test dan dapat dikatakan berdistribusi tidak normal. Hasil uji Wilxocon Signed Ranks diketahui Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,000<0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test pada kemampuan mengenal huruf dan kata. Sehingga hipotesis penelitian diterima yaitu ada pengaruh penggunaan media flashcard terhadap kemampuan kemampuan mengenal huruf dan kata pada anak. Pre-test dan Post-test diketahui nilai Cronbach’s Alpha pre-test 0.935>0.60 dan nilai Cronbach’s Alpha post-test 0.977>0.60. Kesimpulannya bahwa semua eksperimen tersebut adalah reliable. Pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf dan kata pada anak Kampung Batu Lubang Pantai dikatakan efektif untuk dilakukan.
Downloads
References
Azwar, S. (2015). Sikap manusia: Teori dan pengukurannya. Pustaka Pelajar. http://library.ukdw.ac.id/main/opac/index.php?p=show_detail&id=43470
Badan Pusat Statistik. (2019). Peduduk Buta Aksara Tahun 2018/2019. In Badan Pusat Statistik Kabupaten Bengkalis. https://ppid.bengkaliskab.go.id/media/file/35913664355Kabupaten_Bengkalis_Dalam_Angka_2021_compressed.pdf
Carpenter, S. K., & Olson, K. M. (2012). Are pictures good for learning new vocabulary in a foreign language? only if you think they are not. Journal of Experimental Psychology: Learning Memory and Cognition, 38(1), 92–101. https://doi.org/10.1037/a0024828
Harahap, F. I. N., Ariana, Hasibuan, A. R., & Anggraini, N. (2021). Strategi Pemberantasan Buta Aksara Dengan Menggunakan Metode Reflect Di Desa Persatuan, Kabupaten Asahan, 52 Jurnal Akrab! Volume XII Edisi 2/Oktober/2021 Sumatra Utara. Jurnal AKRAB! Volume XII Edisi 2/Oktober/2021, 12(1), 146–161.
Indriani. (2021). Angka Buta Aksara di Indonesia turun menjadi 1,71 persen. https://makassar.antaranews.com/berita/295474/angka-buta-aksara-di-indonesia-turun-menjadi-171-persen?
Kasri, M. A., Ardiansyah, F., & Hatsamah, A. (2023). Pembelajaran Keaksaraan Dasar menggunakan Metode Flash Card di kampung Batu Lubang Pantai. Jurnal Abdimasa Pengabdian Masyarakat, 6(1), 65–71. https://doi.org/10.36232/jurnalabdimasa.v6i1.3254
Mariana Hesti, R., & Nuryanti, L. (2022). Efektivitas Media Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 14(1), 69–80. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol14.iss1.art7
Mariyono. (2016). Strategi Pemberantasan Buta Aksara Melalui Penggunaan Teknik Metastasis Berbasis Keluarga. Pancaran, 5(1), 55–66.
Morse, J. M., Barrett, M., Mayan, M., Olson, K., & Spiers, J. (2002). Verification Strategies for Establishing Reliability and Validity in Qualitative Research Janice. International Journal of Qualitative Methods 1, 812(2), 19. https://doi.org/10.1007/978-1-4939-0620-8_43
Reed, S. K. (2011). Kognisi : Teori dan aplikasi. Salemba Humanika. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=14249
Sangadji, Z., Febriadi, I., & Rosalina, F. (2021). Pengentasan Buta Aksara Melalui Pembelajaran Calistung di Kampung Nanggou Distrik Sausapor Kabupaten Tambrauw Papua Barat. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 3(1), 6–14. https://doi.org/10.33506/pjcs.v1i1.1315
Sari, M. Z. (2012). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris. IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 3–4. http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1360
Sofyan, H., Uno, H. B., & Candiasa, I. M. (2021). Pengembangan Instrumen Untuk Penelitian. Delima Press. http://library.pps.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=5077
Sonbait, L. Y., Wambrauw, Y. L. D., & Mulyadi. (2020). Efektivitas Program Penuntasan Buta Aksara ( Pba ) Dalam Mendukung Pengembangan Pertanian Dan Ekowisata Melalui Kkn - Ppm Di Kampung Anggra Distrik. Jurnal Dinamika Pengabdian, 5(2), 162–170.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Alfabet. https://elibrary.stikesghsby.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1879&keywords=
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Alfabet. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=12866
Suryana, C. (2022). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Keaksaraan Dasar Melalui Model Pembelajaran Pe-De-Ka-Te. Jurnal AKRAB, 13(2), 70–77. https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v13i2.432
Copyright (c) 2024 Muhamad Ali Kasri, Fuad Ardiansyah, Abdulrahman Hatsamah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).